Pagar Beton MRT yang Jatuh Ternyata Timpa 2 Pengendara

Pagar Beton MRT yang Jatuh Ternyata Timpa 2 Pengendara

Pagar beton pembatas MRT yang jatuh di Jalan Wijaya II Kebayoran Baru Jakarta Selatan. (foto - ist)

Jakarta - Pagar atau dinding beton pembatas (Parapet) yang jatuh di proyek pembangunan jalur Mass Rapid Transit (MRT) Jumat malam, ternyata menimpa dua pengendara. "Parapet menimpa sepeda motor dan membentur mobil Daihatsu Xenia," kata Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmat dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/11/2017).
 
Menurut Hikmat, pngendara motor diketahui bernama Syamsudin mengalami luka memar dan lecet. "Korban telah diberi obat dan diperban pada bagian kaki oleh pihak rumah sakit. Korban sudah diizinkan pulang malam itu juga," katanya.
 
Sementara untuk kendaraan mobil yang menjadi korban, mengalami kerusakan di bagian belakang sisi kiri. Yakni lampu belakang sebelah kiri dan kaca sebelah kiri pecah, serta terdapat goresan pada badan mobil sebelah kiri. Pengendara mobil tidak mengalami luka.
 
Ia menyatakan, semua kerugian material dan biaya pengobatan para korban ditanggung seluruhnya oleh kontraktor. PT MRT Jakarta menghentikan sementara proyek pemasangan dinding beton atau parapet, terkait insiden jatuhnya dinding beton di Jalan Wijaya II Kebayoran Baru Jakarta Selatan tersebut.
 
"Untuk sementara ini, pekerjaan lifting di site ini dihentikan dulu," kata Direktur Kontruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim.
Penghentian dilakukan sementara sambil menunggu hasil investigasi internal yang dilakukan PT MRT Jakarta. "Kami akan tentukan sanksi dan indisipliner terhadap kontraktor, bahkan terhadap individual jika memang ternyata ada kesalahan," tegasnya.
 
Berdasarkan hasil investigasi sementara, kesalahan ada pada dua subkontraktor yang mengerjakan lifting parapet. hingga menyebabkan kecelakaan. Pertama, operator crane melakukan over extended sehingga menyebabkan alat berat itu kehilangan keseimbangan. Akibatnya, crane miring dan dinding beton seberat tiga ton itu terjatuh.
 
Kesalahan kedua, terdapat miskomunikasi antara pekerja yang ada di atas dan di bawah jembatan MRT. Mereka telah melakukan pekerjaan sebelum lalu lintas atau area di bawahnya clear. Akibatnya, terdapat pesepeda motor yang melintas saat dinding beton itu jatuh. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,