Tanggul Sungai Cisolok Jebol Air Meluap ke Rumah Warga

Tanggul Sungai Cisolok Jebol Air Meluap ke Rumah Warga

Tanggul Sungai Cisolok sepanjang 5 meter di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi jebol. (foto - ist)

Sukabumi - Tanggul Sungai Cisolok sepanjang kurang lebih 5 meter di Desa/Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi jebol, Senin (6/11/2017) sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat kejadian itu air sungai meluap hingga merendam belasan rumah warga.

Ketika kejadian hujan deras memang tengah mengguyur wilayah itu sekitar pukul 15.00 WIB. Tiba-tiba air sungai meluap dan menghantam dinding tanggul. "Aliran sungai meluap sampai menjebol dinding tanggul penahan air. Akibatnya, air bercampur lumpur masuk ke dalam rumah warga," kata sejumlah warga.

Menurutnya, ada 18 rumah warga yang tergenang lumpur dengan ketinggian semata kaki hingga selutut orang dewasa. Warga sibuk membersihkan genangan lumpur yang masuk ke dalam rumahnya, ketinggian air bervariasi antara semata kaki hingga selutut.

Sejauh ini, warga masih dihantui kekhawatiran air sungai akan kembali meluap karena tanggul jebol. Mereka takut bila hujan masih deras sungai akan kembali meluap dan airnya akan masuk ke dalam rumah warga. "Saat ini hujan mereda, warga masih takut air sungai meluap lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman menyebutkan, tanggul yang jebol berada di jembatan penghubung antara Desa Cisolok dengan Desa Cikahuripan. "Jembatan yang menghubungkan antar-desa di Kecamatan Cisolok sempat tertutup air dan merusak tanggul hingga air meluap ke sekitar permukiman warga," katanya.

Hingga malam hari genangan air pun masih meninggi. "Sampai saat ini belum ada informasi mengenai adanya korban jiwa. Sedangkan untuk kerusakan yang ditimbulkan masih dalam tahap pendataan," tambah Eka. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,