26 Jasad Gadis Ditemukan Mengambang di Mediterania

26 Jasad Gadis Ditemukan Mengambang di Mediterania

Para petugas penyelamat tiba di lokasi untuk mengevakuasi para korban. (foto - Twitter)

Roma - Sedikitnya 26 gadis ditemukan tewas dan mengambang di Laut Mediterania. Otoritas berwenang di Italia langsung menuju lokasi kejadian, untuk mengevakuasi jenazah dan melakukan penyelidikan lebih lanjut.
 
Dilaporkan The Telegraph, Rabu (8/11/2017) para gadis itu diperkirakan berusia 14 hingga 18 tahun. Para imigran tersebut diduga tewas dalam perjalanan menuju daratan Eropa dari Libya. Jasad itu ditemukan mengambang di dekat sebuah perahu karet kecil.
 
Ketika tim penyelamat tiba di lokasi kejadian, kapal itu telah tenggelam. Juru bicara Komisaris Tinggi Urusan PBB, Marco Rotunno mengatakan, 60 orang lainnya yang ikut menaiki kapal itu berhasil diselamatkan. Gadis-gadis itu diyakini berasal dari Niger dan Nigeria. 
 
Menurut Kepala polisi di Kota Salerno, Lorena Ciccoti penyidik akan mengotopsi jenazah itu untuk mengetahui apakah mereka korban kekerasan atau pelecehan seksual. Selama akhir pekan ini, para pekerja telah menyelamatkan empat kapal terpisah di Laut Tengah. 
 
Secara keseluruhan, 400 orang telah dievakuasi menggunakan kapal Spanyol Cantabria. Mereka dibawa ke Kota Salerno Italia. Menurut pihak berwenang, mereka berhasil menyelamatkan 90 wanita dan 52 anak di bawah umur, termasuk bayi berusia satu tahun.
 
Libya memang menjadi titik lompat terkenal bagi para imigran yang mencari perlindungan di Eropa. Banyak imigran yang berasal dari negara di Afrika, Timur Tengah dan Asia Selatan melarikan diri dari perang. Di Afrika Utara sendiri perdagangan manusia kerap terjadi. Jaringan penyelundupan sudah tidak terkendali karena pemerintah pusat tidak menata kotanya dengan baik.
 
Bahkan, pada Senin polisi Italia telah menangkap dua pria yang berasal dari Mesir dan Libya. Mereka dituduh telah melakukan perdagangan manusia. Namun demikian, sepanjang tahun ini, jumlah imigran yang berusaha mencapai Eropa sudah berkurang. 
 
Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri Italia, sebanyak 111.716 imigran, tercatat memasuki Eropa pada akhir pekan lalu. Jumlah itu telah berkurang 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Pada periode yang sama 2016, sebanyak 160 ribu imigran datang ke wilayah itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,