Deklarasi Relawan Himpun Dana Kampanye Ridwan Kamil

Deklarasi Relawan Himpun Dana Kampanye Ridwan Kamil

Deklarasi relawan pendukung bakal calon gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil. (foto - Instagram)

Bandung - Relawan pendukung bakal calon gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil mendeklarasikan perhimpunan dana lewat Perkumpulan Relawan Jabar Juara. Deklarasi digelar di Bandung sekaligus mengenalkan program pengumpulan donasi dukungan bernama Udunan Warga, Minggu (12/11/2017).

Menurut Koordinator Teknis Relawan Jabar Juara Hanief Mochammad, program Udunan Warga oleh relawan diharapkan dapat mengumpulkan dana yang diperlukan. Selain itu, dapat meningkatkan partisipasi publik warga Jabar, dalam pendanaan kampanye yang demokratis.

Diketahui, kebutuhan dana kampanye bisa mencapai Rp 6 miliar. "Melakukan ikhtiar politik memang biayanya mahal. Orang seperti Ridwan Kamil bukan seorang konglomerat, sehingga dibutuhkan banyak sumbangan tenaga, pikiran dan dana. Udunan Warga dibuka agar tidak ada praktik jika ini harus menjadi hutang politik,” katanya.

Menurutnya, Udunan Warga adalah pengumpulan dana secara daring dan luring untuk membiayai kegiatan sosialisasi Ridwan Kamil, mengingat kebutuhan pendanaan kampanye sangat besar. Udunan Warga merupakan terobosan program Relawan Jabar Juara, dalam hal penggalangan dana sosial untuk kampanye dengan konsep "dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat ".

Hal itu menjadi ikhtiar relawan untuk mengembangkan penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien. Sistem pencatatan dan penggunaan donasi dilakukan transparan, akuntabel dan dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum dan sesuai Undang-undang.

"Ini hasil konsultasi dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Catatan tersebut akan diberikan kepada penyumbang, dipublikasikan di website www.jabarjuara.id,  dan dilaporkan kepada KPU secara berkala," tegasnya.

Jumlah sumbangan untuk perorangan dibatasi mulai dari Rp 10.000 hingga maksimal Rp 75 juta. Sedangkan untuk perusahaan maksimal  menyumbang Rp 750 juta. "Kami tidak menerima transaksi tunai agar pendataannya jelas dan transparan. Kami hanya menerima transaksi lewat kartu debit, kartu kredit atau setoran tunai melalui bank,” tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Politik,
Tags:,