Landasan Tenggelam Bandara Supadio Sementara Ditutup

Landasan Tenggelam Bandara Supadio Sementara Ditutup

Penumpukan penumpang terjadi di terminal Bandara Supadio akibat tidak ada penerbangan. (foto - ist)

Pontianak - Akibat landasan (runway) tergenang banjir, menyebabkan aktivitas di Bandara Internasional Supadio Pontianak untuk sementara ditutup. Dampaknya, dua maskapai pun menutup jadwal penerbangan, Minggu (12/11/2017).

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Purwanto menyatakan, informasi sementara yang diperoleh pihaknya, dua maskapai yang menutup jadwal hari ini, yakni Garuda dan Nam Air. Tak hanya itu, akibat penutupan itu juga terjadi penumpukan penumpang di terminal Bandara, yang diperkirakan sekitar 1.000 penumpang.

"Untuk itu pihaknya akan terus memantau, termasuk menambah anggota untuk pengamanan. Hal itu sebagai antisipasi hal-hal yang tak diinginkan, lantaran terjadi penumpukan penumpang yang diperkirakan mencapai ribuan," katanya.

Hujan deras yang mengguyur Kubu Raya sejak Sabtu 11 November menyebabkan kondisi runway Bandara Supadio Pontianak tergenang air. Kondisi tersebut diperparah oleh curah hujan tinggi yang terus mengguyur sejak Minggu pagi. Akibatnya pihak Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak mengambil kebijakan untuk menutup total runway.

General Manager Angkasa Pura II Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan hingga pukul 10.52 WIB belum ada penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan. "Sejak kemarin  hujan deras hingga runway tergenang. Namun tidak benar jika genangan mencapai satu meter," kata Bayuh.

Untuk saat ini pihaknya tengah melakukan pembersihan genangan di sisi kanan runway dengan panjang sekitar 10 meter, tepatnya di depan taxiway. Sementara BMKG Supadio Pontianak memprediksi, cuaca masih bertahan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang hingga malam hari. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,