10 Ekor Paus Terdampar di Aceh dalam Kondisi Terluka

10 Ekor Paus Terdampar di Aceh dalam Kondisi Terluka

Sepuluh ekor ikan Paus terdampar di Pantai Ujong Kareng Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Provinsi Aceh. (foto - ist)

Aceh - Sedikitnya sepuluh ekor ikan paus terdampar di Pantai Ujong Kareng Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Provinsi Aceh. Tim gabungan pun berusaha menarik mamalia besar tersebut ke tengah laut, Senin (13/11/2017).

Kabar adanya paus di pinggir pantai itu awalnya diketahui oleh beberapa orang nelayan yang mengabarkan ke pihak terkait.  "Ikan paus itu kondisinya hidup semua. Kini masih evakuasi untuk penyelamatan," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek.

Ikan paus tersebut terdampar di lokasi sejak subuh. Saat ini, air laut mulai surut sehingga tim gabungan terdiri atas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Basarnas, Karantina Perikanan, BPBA dan Polairud mencoba untuk melakukan evakuasi.

Terdamparnya sejumlah ikan paus tersebut kontan menjadi tontonan warga di Desa Pantai Ujong Kareng Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Ratusan warga dari berbagai usia begitu antusias melihat ikan tersebut dari jarak dekat.

Keberadaan paus itu terletak sekitar 15 meter dari bibir pantai. Dua ekor paus dikabarkan terluka, hewan itu mulai merapat ke pinggir pantai sekitar pukul 10.00 WIB.  Warga melihat paus berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Setelah air laut surut, ikan semakin dekat.

Sejauh ini, dua kapal petugas bersiaga untuk menarik paus ke tengah laut. Puluhan petugas turun ke dalam air dan mendekat ke paus. Sebagian dari mereka menyiramkan air ke mamalia itu dengan timba. "Satu ekor sudah ditarik ke tengah," kata Komandan Koramil Mesjid Raya Mayor Bukhori. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,