Tol Soroja Segera Dilakukan Uji Kelaikan oleh Tim Gabungan

Tol Soroja Segera Dilakukan Uji Kelaikan oleh Tim Gabungan

Sekda Jabar Iwa Karniwa didampingi Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi meninjau progres pembangunan Tol Soroja di Kabupaten Bandung, Selasa 14 November 2017. (foto - ist)

Bandung - Ruas Jalan Tol Soreang - Pasirkoja (Soroja) sudah bisa dilintasi kendaraan, meski masih dalam proses penyelesaian akhir. Untuk itu, tim gabungan pada pekan ini akan memeriksa kelaikan sebelum dilakukan uji coba.
 
Hal itu mengemuka Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa didampingi Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Medi meninjau progres pembangunan Tol Soroja di Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2017). Rencananya, akhir November ini Tol Soroja akan diresmikan hingga pembangunannya mencapai 100 persen.

 

Tim penilai kelaikan fungsi jalan tol dari pusat dijadwalkan Kamis hingga Jumat pekan ini meninjau kesiapan jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung itu. Dengan turunnya tim penilai kalaikan fungsi jalan tol, pengoperasian jalan tol yang sempat terlambat setahun lebih itu segera dibuka untuk umum.

 

 

M

enurut Direktur PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi Suarso, tim terdiri atas Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kemnhub, Bina Marga, Polda Jabar‎ dan pemerintah daerah itu secara simultan akan memeriksa kelaikannya.
 

Setelah itu akan keluar rekomendasi layak atau tidak layak untuk segera dioperasikan. Jika rekomendasi keluar, tahap berikutnya peresmian. "Berikutnya dilanjut dengan uji coba," katanya. Saat ini jalan tol belum rampung 100 persen, masih ada pekerjaan sebanyak 1,12 persen.

 

 

Namun secara pekerjaan utama atau main kontruksi sudah terbilang 100 persen selesai. Dengan kondisi tersebut, tim bisa langsung turun karena‎ untuk persyaratan teknis tidak meski full. Yang penting main job selesai. "Uji laik fungsi ini dilakukan untuk mengetahui standarnya jalan tol tersebut," tegasnya Bagus.
 

Untuk itu, pihaknya akan mengebut menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 10 hari ke depan, sehingga target akhir November tuntas bisa tercapai. Pasalnya, pemerintah pusat berharap akhir November ini sudah selesai keseluruhannya sehingga Desember bisa diujicobakan.

 

 

Mengenai persiapan sebagai tol dalam kota, pihaknya sudah mempersiapkannya dengan memasang PJU dengan rapat dan dilengkapi CCTV setiap 1 km. Dengan demikian, jalan tol itu  aman untuk dilewati selama 24 jam.
 

Terkait dengan integrasi dengan jalan tol lainnya, Purbaleunyi dan Cikapali sudah terkoneksi. Mereka sudah intens berkordinasi dan sudah memiliki jaringannya tinggal dilakukan MoU. "‎Tim legal kami sedang bahas soal pembagian hasil, tinggal mana sistematika dan bank pengumpul uang agar nanti tidak ngendap di kami," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,