Jalan Tol Soroja Akhirnya Disetujui sebagai Tol Dalam Kota

Jalan Tol Soroja Akhirnya Disetujui sebagai Tol Dalam Kota

Pembangunan konstruksi Jalan Tol Soroja telah selesai. (foto - prfmnews)

Bandung - Usulan Tol Soreang - Pasirkoja (Soroja) untuk dijadikan tol dalam kota dikabarkan telah dikeluarkan oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).
 
Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, secara lisan persetujuan usulan itu telah keluar. |Persetujuan secara lisan dari Kemenpupera melalui BPJT, insya Allah ini bisa dikategorikan sebagai tol dalam kota," katanya, Selasa (14/11/2017).
 
Dengan adanya status tol dalam kota yang akan dimiliki oleh Tol Soroja, maka pencahayaan di ruas tol itu akan sangat baik, di mana pada malam hari akan tetap terang seperti siang. "Soal lampu diharapkan sama seperti saat siang hari. Dengan demikian, tol ini bisa digunakan secara optimal oleh masyarakat selama 24 jam," kata Iwa.
 
Sepertin diketahui, ruas Tol Soroja sepanjang 10,57 kilometer tinggal menunggu uji kelayakan operasi dan peresmian dalam penggunaannya. Menurut rencana, jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dengan pusat Kabupaten Bandung di Soreang itu akan segera diresmikan oleh Jokowi akhir bulan ini.
 
Keberadaan jalan Tol Soroja akan menambah kekuatan jaringan transportasi di Bandung Raya, karena terhubung langsung dengan ruas tol yang sudah ada sebelumnya. Yakni Tol Purwakarta - Bandung - Cileunyi (Purbaleunyi), tepatnya di persimpangan kilometer 132.
 
Koneksi itu memudahkan pengguna jalan dari Soroja yang akan meneruskan perjalanan ke arah timur hingga Cileunyi. Atau sebaliknya, ke arah barat menuju Cikampek serta Jakarta hingga Merak. Dengan begitu, jaringan infrastruktur yang terkoneksi dengan baik, diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sekitarnya.
 
Nilai investasi permukiman dan kawasan industri pun bisa terangkat. Efek positif lainnya yang diharapkan dari keberadaan lokomotif baru itu, yakni menggenjot sektor pariwisata Bandung Raya. Konsesi jalan Tol Soroja dimiliki oleh PT Citra  Marga Lintas Jabar, badan usaha jalan tol dari kelompok usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk., investor swasta pertama yang membangun jalan tol di Indonesia.
 
Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso mengakui, konstruksi pengerjaan jalan Tol Soroja telah selesai. Pihaknya berharap agar proses peresmian proyek strategis nasional itu segera dilakukan. "Proyeknya kan strategis. Jadi, kemungkinan Presiden yang meresmikan. Untuk jadwalnya masih dikoordinasikan dengan protokoler," katanya.
 
Menurut Bagus, proses pengadaan lahan dan faktor cuaca menjadi dua tantangan utama yang dihadapi saat konstruksi. Namun, perusahaan optimistis dapat mengoperasikan Tol Soroja pada bulan ini. Keberadaannya diyakini akan memudahkan mobilitas warga Bandung dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan. 
 
Semula, perjalanan dari Soreang menuju Pasirkoja memerlukan waktu hingga 2 jam melalui jalur arteri. Dengan adanya jalan Tol Soroja diharapkan waktu tempuh cukup memakan waktu 10 hingga 15 menit, terlebih jalan tol itu nantinya diintegrasikan dengan Purbaleunyi. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,