Itenas Bandung Luncurkan Mobil Listrik Masa Depan Evhero

Itenas Bandung Luncurkan Mobil Listrik Masa Depan Evhero

Walikota Bandung Ridwan Kamil resmikan peluncuran mobil Avhero buatan Institut Teknologi Nasional (Itenas) di Aula Bale Dayang Sumbi Itenas Jalan PHH Mustofa Nomor 23 Bandung. (foto - ist)

Bandung - Mobil berjenis crossover yang diberi nama Evhero (Electric  Crossover) yang dirancang Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, merupakan mobil masa depan yang mengandalkan tenaga listrik.

Lewat keberhasilan ini, Itenas Bandung menjadi yang pertama di Indonesia yang mampu menciptakan mobil listrik jenis crossover. Peluncuran mobil Evhero tersebut secara resmi dilakukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil di Aula Bale Dayang Sumbi, Itenas Jalan PHH Mustofa Nomor 23 Bandung, Rabu (15/11/2017).

Menurut Kepala tim riset dan pengembangan Evhero, Tarsisius Kristyadi, alasan pemilihan jenis crossover selain belum pernah diciptakan dan dikembangkan di Indonesia,  juga sangat cocok dengan kondisi alamiah di Indonesia yang berbatu, berkelok, bervariasi dan tidak selalu mulus.

"Kami merancang mobil itu selama tiga tahun sejak 2014. Kami juga telah menguji seluruh kekuatan materialnya, yang disesuaikan dengan medan jalan yang ada di Indonesia," katanya.

Kendaraan berkapasitas lima penumpang tersebut menghabiskan biaya riset dan pengembangan dari Kemenristekdikti, bekerja sama dengan perusahaan kendaraan mobil listrik Betrix mencapai sekitar Rp 1 miliar.

Berdasarkan informasi, dana itu lebih sedikit dibandingkan dengan proyek pengembangan mobil listrik yang telah diciptakan oleh beberapa perguruan tinggi sebelumnya, yang menghabiskan dana hingga Rp 3 miliar bahkan Rp 5 miliar. Perancangan dan pengerjaan mobil itu sendiri berlangsung selama tiga tahun.

Pembuatan mobil itu melibatkan para dosen dari jurusan teknis mesin, teknik elektro, teknik industri dan desain produk di Itenas Bandung. Antara lain Tarsisius Kristyadi selaku Kepala tim riset dan pengembangan, Amirul Nefo sebagai senior desain produk, Fred Soritua Rudiyanto selaku desain produk, Faishal Muhammad Daud, Denny (Demang), Hendra selaku Mekanik Mesin, dan Aji yang bertugas sebagai mekanik. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,