Setnov Tak Ada di Rumah, 8 Kali Tak Penuhi Panggilan KPK

Setnov Tak Ada di Rumah, 8 Kali Tak Penuhi Panggilan KPK

Penjagaan ketat dilakukan sejumlah aparat di depan rumah Setya Novanto Jalan Wijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu 15 November 2017 malam. (foto - ist)

Jakarta - Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korusi (KPK) menggeruduk rumah Ketua DPR RI Setya Novanto di Jalan Wijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017) malam. Hal itu dilakukan setelah beberapa kali atau sekitar delapan kali panggilan ia tidak memenuhi panggilan KPK, terkait kasus dugaan korupsi e-KTP.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga politikus senior Partai Golkar pun sebelumnya meminta Setnov menaati hukum. Ia meminta Setnov tidak menggunakan dalih KPK harus izin presiden untuk diperiksa. "Harus taat hukumlah, jangan mengada-ada," kata JK.

Saat ini, penyidik KPK dan puluhan anggota Brimob berjaga di rumah Ketua DPR Setya Novanto. Mereka disebut hendak menjemput paksa Setnov, karena mangkir dari pemeriksaan KPK. Sejumlah politikus Partai Golkar pun tampak mendatangi kediaman Setya Novanto di Jalan Wijaya Jakarta Selatan.

Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Mahyudin. Ia sempat masuk ke rumah Setnov, namun dia menyebut Ketua Umum Partai Golkar tersebut tidak ada di rumah. "Di dalam wanita semua. Tadi ada ibu (istri Setnov) dan lawyer," kata Mahyudin, Rabu (15/11/2017) malam. Ia mengaku tak tahu Setnov ada di mana malam ini. Ia juga tak mengetahui pembicaraan antara istri Setnov dengan pengacara.

Seorang sumber di KPK membenarkan ada upaya penjemputan paksa pada Setnov malam ini. Setya Novanto diketahui sudah tiga kali mangkir dari panggilan KPK sebagai saksi untuk Anang Sugiana Sigihardjo, Direktur Utama PT Quadra Sultion Anang Sugiana Sudiharjo (ASS) dalam kasus proyek e-KTP.

Sementara itu, tim penyidik KPK membawa koper besar berwarna biru ketika masuk ke rumah Setnov. Namun, belum diketahui untuk tujuan apa koper itu dibawa masuk ke rumah. Adapun jumlah penyidik KPK yang berada di dalam rumah Setnov diperkirakan lebih dari tujuh orang.

Sebelum koper itu datang, ada wanita muda yang keluar dari rumah Setnov. Wanita muda itu mengaku sebagai kerabat dekat tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP itu dan kader Golkar. Bahkan, ia mengaku kenal dengan orang-orang yang berada di dalam rumah Setnov.

Sejauh ini, kediaman Setya Novanto masih dijaga oleh Brimob. Selain itu, beberapa porsonel kepolisian dan tim penjaga khusus tampak berjejer di depan rumah Setnov. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,