Petugas Tangani Tanggul Kali Pulo yang Sempat Jebol

Petugas Tangani Tanggul Kali Pulo yang Sempat Jebol

Penanganan tanggul Kali Pulo yang sempat menimbulkan banjir sebagian wilayah Jatipadang Jakarta Selatan. (foto - ist)

Jakarta - Banjir yang sempat melanda sebagian wilayah Jatipadang Jakarta Selatan sudah surut. Namun, petugas Suku Dinas Tata Air hingga masih menangani tanggul jebol di Jatipadang. Tanggul itu kini dipasang penahan sementara, untuk mencegah air masuk ke permukiman warga.

"Kita pasang cerucuk dolken untuk penanggulangan dan juga kita gunakan karung pasir di belakang cerucuknya untuk menahan air," kata Koordinator Sudin Tata Air Kecamatan Pasar Minggu, Wiwit Mugiyono, Rabu (22/11/2017).

Cerucuk kayu dolken dan karung berisikan pasir itu nantinya akan dilapis dua untuk memperkuat tanggul sementara. Hingga petang jalan sekitar tanggul masih berlumpur dan digenangi air setinggi sekitar 15-30 cm. Sementara masyarakat bertahan di rumah masing-masing.

"Kita akan buat dua lapis untuk karung pasirnya agar memperkuat tanggulnya, ada selapis lagi di belakangnya. Jadi nanti dia kuat untuk nahan debit air yang besar, nanti juga karungnya naik ke atas," katanya.

Seperti diketahui, Kali Pulo jebol pada Selasa 21 November pukul 19.00 WIB. Air langsung masuk merendam permukiman warga di RT 03 RW 06. Sebelumnya, warga yang terkena dampak jebolnya tanggul itu diungsikan sementara di Masjid Al-Ridwan dan rumah warga yang tidak terdampak. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,