Tanggul di Semarang Jebol Ratusan Rumah Kebanjiran

Tanggul di Semarang Jebol Ratusan Rumah Kebanjiran

Ratusan rumah di Mangkang Wetan Kecamatan Tugu Kota Semarang kebanjiran akibat tanggul jebol. (foto - Dokumentasi BPBD Jateng)

Semarang - Banjir menerjang wilayah Mangkang Wetan Kecamatan Tugu Kota Semarang. Luapan air akibat sampah yang menghambat air sungai Bringin, hingga menyebabkan tanggul jebol.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Agus Harmunanto, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB tepatnya di RW 3 Mangkang Wetan, Rabu (22/11/2017).

"Air di Sungai Bringin terhambat di jembatan karena tersumbat sampah, sehingga airnya tidak bisa mengalir. Air mendesak ke kanan dan ke kiri hingga tanggul di RW 3 tidak kuat menahan," katanya.

Air pun mengalir deras ke arah rumah warga yang diperkirakan mencapai 100-an rumah yang sempat terdampak dan tergenang hingga setinggi 1 meter. "Kira-kira ada seratusan tergenang 1 meter di RW 3," tegasnya.

Menurut Agus, sampah yang menghambat arus air tersebut terdiri atas berbagai macam benda mulai dari sampah bambu hingga kasur. "Sampah banyak ada tanaman, bambu hingga kasur. Terbendung di jembatan di RW 3, sehingga air tidak bisa ke hilir," tambahnya.

Meski demikian, seiring hujan yang mulai reda, air juga surut dan masyarakat mulai membersihkan rumahnya masing-masing. Jalur Pantura di daerah Mangkang pun aman untuk dilewati. "Air sudah berangsur surut, tinggal masalah kebersihan. Pantura sempat tersendat, ini mulai lancar".

Penanggulan darurat dan sementara juga dilakukan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang menggunakan karung berisi pasir. Jika dibutuhkan, bantuan logistik juga siap disalurkan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,