Gara-gara Salam Tiga Jari 5 Mahasiswa Thailand Diringkus

Gara-gara Salam Tiga Jari 5 Mahasiswa Thailand Diringkus

Mahasiswa Thailand Melakukan Salam Tiga Jari Seperti Adegan Film The Hunger Game. (Foto: Net)

Thailand- Presiden Jokowi mempopulerkan ikon salam tiga jari setelah dirinya  terpilih sebagai Presiden Indonesia ketujuh. Di Thailand, negara yang dikenal dengan gajah dan pariwisatanya yang nomor satu  itu justru sebaliknya. Siapapun yang melambaikan tangan tiga jari akan digulung pihak berwajib setempat. 
 
Ini dialami lima mahasiswa Thailand yang melambaikan tangan tiga jari (meniru film Hollywood "The Hunger Games") ke arah Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha telah ditahan.
 
Salam tiga jari digunakan oleh para pengunjuk rasa menentang kudeta militer Thailand bulan Mei lalu. Militer mengancam bulan Juni lalu untuk menahan siapapun yang menolak menghentikan salam tiga jari.
 
Jendral Prayuth memimpin kudeta yang terjadi setelah kebuntuan politik berbulan-bulan dan menjadi perdana menteri Agustus lalu.
Prayuth berpidato hari Rabu (18/11/2014) dalam acara di propinsi Khon Kaen dan saat itu lima mahasiswa dari universitas setempat duduk di dekat podium dan berdiri.
 
Mereka mengangkat kaus dan memperlihatkan kaus dalam dengan tulisan "Jangan Kudeta" dan memberikan salam tiga jari. Apa yang terjadi? Polisi dan tentara segera menciduk mereka.
 
Salam tiga jari ini digunakan oleh karakter dalam film "Hunger Games" melambangkan penentang yang diam dalam menghadapi rezim otoriter.
Salam ini sangat populer setelah kudeta Thailand dan pemerintah memperingatkan akan menahan siapapun dalam jumlah besar yang memberikan salam ini dan menolak perintah menurunkan tangan,seperti yang dilansir BBC.(Ode)**
.

Categories:Internasional,