Bandung Raya Diterjang Angin Kencang Pohon Bertubangan

Bandung Raya Diterjang Angin Kencang Pohon Bertubangan

Pohon bertubangan di kawasan Cidadap Girang Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Kota Bandung. (foto - @dpkp3bdg)

Bandung - Wilayah Bandung Raya diterjang  angin kencang yang disertai hujan menyebabkan pohon bertumbangan.  Pohon tumbang terjadi di sejumlah titik di seputar Bandung, termasuk di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (30/11/2017).

Sekain di wilayah Bandung kota, pohon tumbang juga terjadi antara lain di Desa Cikole, Desa Gudang, Desa Pagerwangi, Desa Cibodas, Desa Lembang, Desa Cikahuripan dan Desa Kayu Ambon. Tidak sedikit pula pohon tumbang tersebut menimpa rumah warga dan bangunan lainnya.

Menurut peneliti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhammad Lid Mujtahiddin, setidaknya ada dua faktor penyebab angin kencang di kawasan Bandung. Faktor pertama lokasi yang berdasarkan pantauan alat pencatat kecepatan angin di Stasiun Geofisika Bandung pada 30 November 2017 pukul 07.00 WIB (18 km/jam); 08.00 WIB (52 km/jam); 09.00 WIB (49 km/jam); 10.00 WIB (39,6 km/jam); 11.00 WIB (36 km/jam); dan 12.00 WIB (39,6 km/jam).

"Kedua, faktor regional. Adanya Siklon Tropis Dahlia di sebelah barat daya Jawa Barat, awal terbentuk di sebelah barat daya Bengkulu, dan terus bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia. Diperkirakan, sampai 3 Desember 2017 masih aktif, meski perlahan menjauhi wilayah Indonesia," sebutnya.

Selain itu, angin kencang yang saat ini terjadi dikarenakan dampak Siklon Tropis Dahlia. Peristiwa itu berpotensi menyebabkan hujan dengan intesitas deras di wilayah Jabar. Angin kencang tercatat dengan kecepatan lebih dari 20 knot, sehingga perlu diwaspadai terhadap bahaya pohon tumbang, bangunan atau objek seperti reklame, baliho dan sebagainya roboh.

"Informasi maritim terkait tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat yang mencapai 6 atau 7 meter, sehingga diimbau kepada nelayan atau masyarakat yang mau berwisata pantai di pesisir selatan untuk selalu memantau informasi yang disampaikan BMKG," katanya. (Jr.)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:,