Truk Muatan Kecap Terguling Tol Jakarta - Cikampek Macet

Truk Muatan Kecap Terguling Tol Jakarta - Cikampek Macet

Truk bermuatan kecap terbalik di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 53.600 A dari arah Jakarta menuju Karawang Timur. (foto - ist)

Karawang - Ruas Tol Jakarta - Cikampek macet parah hingga puluhan kilometer, menyusul truk dengan nomor polisi B 9768 NDA yang mengangkut kecap terbalik di Km 53.600 arah Karawang Timur, Jumat (1/12/2017).

Berdasarkan keterangan Kepala Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Karawang Arman Sahti, kecelakaan itu terjadi akibat suspensi truk bagian belakang lepas saat menginjak lubang. Sopir truk, Muhibi tak dapat mengendalikan kendaraannya hingga terguling melintang di badan jalan.

Menurutnya, evakuasi berlangsung lama karena kecap yang dibawa truk itu sebagian tumpah ke badan jalan. "Sebelum truk diangkat, kami harus mengeluarkan dulu ribuan botol kecap yang dikemas dalam kardus. Beruntung, warga sekitar ikut membantu mengeluarkan dus kecap," katanya.

Truk itu terguling menghalangi kendaraan lain yang akan melintasi tol ke arah Cikampek. Imbasnya antrean panjang kendaraan mengular hingga ujung kemacaten berada di wilayah Jakarta. "Kami langsung menerjunkan banyak anggota untuk mengatur lalu-lintas, karena kepadatan kendaraan sudah di atas normal," tegas Arman.

Ia menyatakan, libur akhir pekan ini membuat ruas tol Purbaleunyi banyak dipadati kendaraan dari arah Jakarta. Akibatnya, saat terjadi gangguan kemacetan parah pun tak bisa dihindari. "Banyak warga yang pergi berlibur sehingga volume kendaraan sangat tinggi," katanya.

Sopir truk, Muhibi  menyebutkan, kendaraannya melaju dari arah Jakarta menuju Karawang. Namun di Km 53, terdapat lubang di badan jalan tol. Ia mengaku tidak bisa menghindari lubang karena muatan truknya sangat penuh. 

Selain itu, di samping kiri dan kanan kendaraannya banyak kendaraan lain yang melintas di jalur yang sama. "Saya langsung menggilas lubang itu yang akibatnya fatal. Per kendaraan lepas hingga truk pun terguling," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,