Korban Banjir & Longsor di Pacitan Bertambah Jadi 20 Orang

Korban Banjir & Longsor di Pacitan Bertambah Jadi 20 Orang

Kondisi banjir yang menerjang Kabupaten Pacitan Jawa Timur. (foto - BNPB)

Pacitan - Pusat Data  Informasi dan Humas BNPB menyatakan,  korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan  Jawa Timur bertambah menjadi 20 orang. Sebanyak 14 korban longsor dan 6 lainnya korban banjir.
 
"Dari 20 korban meninggal, 11 korban sudah ditemukan dan 9 korban masih dalam pencarian. Sedangkan 4 orang lainnya mengalami luka-luka," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroh dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12/2017).
 
Menurut Sutopo, saat ini terdapat 1.879 pengungsi yang tersebar di delapan titik, yaitu di Gedung Karya Darma (497 orang), Masid Sirnoboyo (51), Gedung Muhammadyah MDMC (51), Balai Desa Bangunsar (16), Balai Desa Cangkring (32), MI Al Huda (150) dan Balai Desa Sidomulyo (1.050).
 
Pihaknya terus berupaya melakukan pencarian dan penyelamatan korban serta penanganan dampak banjir dan longsor. Beberapa daerah yang dilanda banjir dan longsor di tujuh kecamatan belum pulih seluruhnya. Yakni di Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Pacitan, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Nawangan, Kecamatan Arjosari dan Kecamatan Ngadirojo.
 
"Sebanyak 1.174 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan penangan darurat dari tim gabungan TNI, Polri, Basarnas, PMI, SKPD, BPBD Magetan, Baznas Tanggap Darurat, ACT, Perhutani, SAR FKM Solo, LMI dan relawan melakukan penangan darurat," katanya.
 
Sebagian banjir telah surut menyisakan lumpur dan material yang terbawa banjir. "Akses menuju Pacitan dari Wonogiri sudah dapat dilalui, listrik sudah menyala kecuali di daerah yang masih terdapat genangan dan longsor," tegas Sutopo.
 
Disebutkan, pengaruh siklon tropis Cempaka yang menimbulkan curah hujan ektrem dengan intensitas 383 milimeter per hari, telah menimbulkan banjir dan longsor di kawasan Pacitan. Dekatnya posisi siklon tropis Cempaka dengan daratan Pacitan yang hanya 23 km di Samudera Hindia sebelah selatan Pacitan, telah mengkibatkan Pacitan lumpuh total. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,