Rob Merendam Jalur Pantura Semarang, Lalin pun Macet

Rob Merendam Jalur Pantura Semarang, Lalin pun Macet

Banjir rob menerjang jalur Pantura wilayah Semarang. (foto - @soklin)

Semarang - Banjir dan rob melanda sejumlah titik khususnya di wilayah pesisir, utamanya yang terjadi di Jalan Kaligawe Semarang. Di jalan yang setiap hari dilalui kendaraan yang hendak menuju Surabaya dan Jakarta itu, terendam rob hingga ketinggian lebih dari 50 cm, Jumat (1/12/2017) malam.

Rob menggenang di Jalur Pantura itu mulai dari depan Polsek Genuk sampai perlintasan KA Kaligawe. Akibatnya, arus lalu lintas sepanjang jalan itu mengalami kemacetan parah, dan kendaraan mengular lebih dari 2 km. Air rob dan banjir menggenangi di kedua sisi jalan, baik yang dari arah Demak maupun Semarang.

Ketingian air banjir dan rob yang menggenang di jalan raya itu membuat kendaraan truk dan bus yang melintas harus berjalan perlahan. Banyak kendaraan kecil baik roda empat maupun sepeda motor yang nekat menerobos genangan air akhirnya mogok.

Masyarakat dari arah Demak yang hendak menuju Kota Semarang akhirnya banyak mengalihkan rute ke arah Bangetayu. Akibatnya, sepanjang Jalan Woltermonginsidi macet parah, karena banyaknya perlintasan jalan dan gang kampung untuk keluar masuk kendaraan.

Menurut para pengguna jalan Yudi, warga Sayung Demak mengaku, dirinya terpaksa menerjang banjir karena harus segera sampai ke Kota Semarang. "Untungnya, motor agak tinggi jadi masih berani melintas. Tadi sempat mau mogok tapi beruntung tidak sampai mati," katanya.

Ia menyatakan, kemacetan sudah terjadi sejak lampu merah genuk. Banyak kendaraan yang berhenti di pinggir jalan karena takut menerjang banjir dan memilih untuk menunggu air agak surut. "Panjang banget macetnya, kalau tidak mau menerjang banjir ya lewat Bangetayu tapi muter jauh," katanya(Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,