Banyumas Diamuk Beliung, 50 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Banyumas Diamuk Beliung, 50 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Wilayah Banyumas diterjang puting beliung, puluhan pohon tumbang menimpa rumah warga. (foto - ist)

Banyumas - Wilayah Banyumas Jateng diterjang puting beliung, menyebabkan puluhan pohon tumbang menimpa rumah warga. Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas mencatat, sedikitnya 50 rumah rusak tertimpa pohon tumbang, Sabtu (2/12/2017).

Menurut Koordinator Tagana Kabupaten Banyumas Ady Candra, angin puting beliung terjadi di wilayah Banyumas bagian barat sejak Kamis 30 November 2017. Akibatnya, warga yang rumahnya tertimpa pohon ada yang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

"Salah satunya rumah Kepala Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas tertimpa pohon petai. Garasi mobilnya rusak dan mobil yang terparkir pun ringsek. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 110 juta," katanya.

Ia menyatakan, warga yang rumahnya rusak parah harus mengungsi ke rumah tetangga dan balai desa, sambil menunggu pohon yang tumbang disingkirkan oleh tim gabungan dari BPBD, Tagana, TNI dan Polres Banyumas.

"Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun akses jalan satu-satunya di Grumbul Kubangan Desa Sokawera menuju Grumbul Rinjing Desa Gununglurah terputus, karena tertimpa pohon tumbang. Siang tadi tim sudah diturunkan," tegas Ady.

Sementara itu, untuk korban terdampak pihak BPBD Banyumas mulai mengirimkan sejumlah bantuan makanan, alas tidur dan kebutuhan rumah tangga. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,