Simak, Fenomena Supermoon Sempurna Minggu Malam Ini

Simak, Fenomena Supermoon Sempurna Minggu Malam Ini

Fenomena Supermoon. (foto - News Week)

Bandung - Bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi atau yang  lebih dikenal dengan Supermoon menghiasi langit Indonesia, Minggu (3/12/2017) malam ini. Fenomena Supermoon itu bisa menjadi momen yang sempurna, untuk menutup libur panjang pekan ini.
 
Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, masyarakat dapat menyaksikan supermoon atau bulan penuh yang berukuran besar malam ini.
 
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan, saat fenomena supermoon terjadi pergeseran jarak dari bulan ke bumi atau sebaliknya, yang semula 384.000 km menjadi 357.000 km.
 
"Biasanya secara rata-rata jarak bumi ke bulan mencapai 384 ribu km, namun pada malam ini sesungguhnya bulan berada pada jarak sekitar 357 km. Jadi paling dekat, karena puncak purnama terjadi malam ini, maka itu disebut sebagai supermoon, atau purnama yang terdekat," sebut Thomas.
 
Menurut Thomas, supermoon bukanlah fenomena langka karena sering terjadi setiap tahunnya. Namun demikian, untuk tahun 2017 ini, supermoon diakui baru terjadi pada akhir tahun. "Fenomena ini tidak langka karena sering terjadi. Namun yang pada 3 Desember 2017 ini, baru terjadi akhir pekan," tambahnya.
 
Fenomena supermoon bisa disaksikan setelah matahari terbenam hingga matahari terbit. Thomas menilai, hal tersebut bisa menjadi kesempatan yang baik, khususnya bagi penggemar fotografi (fotografer) untuk mengabadikan momen itu.
 
"Kita bisa melihat purnama langsung dengan mata telanjang karena cahayanya pun cukup lembut. Tentu ini kesempatan yang baik bagi penggemar fotografi, jadi manfaatkan fenomena supermoon ini untuk memotretnya mungkin dengan latar yang bagus," tegas Thomas. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,