Atasi Bencana BPBD Kuningan Rancang Rumah Tahan Gempa

Atasi Bencana BPBD Kuningan Rancang Rumah Tahan Gempa

BPPD Kabupaten Kuningan kembangkan pembuatan rumah tahan gempa. (foto - ist)

Kuningan - Berbagai bencana seperti banjir, longsor, gempa, puting beliung dan gelombang tinggi datang silih berganti, yang dipicu oleh cuaca ekstrem. Namun, cara unik dilakukan BPPD Kabupaten Kuningan, guna mengantisipasi salah satu bencana itu lewat rumah tahan gempa.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan untuk mengantisipasi salah satu bencana tersebut dengan membuat rumah tahan gempa.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin menyatakan, pembuatan rumah tahan gempa didasari karena banyaknya daerah di Kuningan yang rawan pergeseran tanah. Apalagi sejumlah daerah dilanda cuaca ekstrem yang berpotensi terjadinya berbagai bencana.
 
Ia menjelaskan, rumah tahan gempa tersebut merupakan model rumah percontohan di daerah rawan gempa. Rumah model itu mulai dikembangkan baik di Kementerian PUPR dan BNPB. Rumah ini disebut "Risha" atau rumah instan sederhana sehat. Rumah model itu baru dibuat di daerah relokasi korban pergeseran tanah di daerah Cilayung.
 
"Risha konsepnya sebetulnya lebih simpel, lebih aman dan juga lebih murah dari bangunan rumah biasa. Bahannya terbuat dari beton dengan sistem knock down, serta atapnya dari baja ringan," sebut Agus, Senin (4/12/2017).
 
Menurutnya, untuk membangun satu modul (tiga kali tiga meter) Risha, diperlukan 24 panel struktural Risha P1, delapan panel struktural Risha P2 dan delapan panel penyambung P3 (simpul). P1 memiliki ukuran tebal 2,5 cm, lebar 30 cm, tinggi 120 cm yang dikelilingi frame ukuran 6 x 10 cm.
 
P2 memiliki tebal 2,5 cm, lebar 20 cm, tinggi 120 cm yang dikelilingi frame ukuran 6 x 10 cm. P3 (simpul) memiliki ukuran tebal 2,5 cm, lebar 30 cm, tinggi 30 cm dan dikelilingi frame ukuran 6 x 10 cm. "Risha berukuran sama dengan rumah tipe 36, dan sudah terbukti tahan gempa dan bisa bertahan hingga puluhan tahun," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,