Puncak Musim Hujan di Indonesia Desember - Februari 2018

Puncak Musim Hujan di Indonesia Desember - Februari 2018

BMKG prediksi puncak musim hujan di Indonesia tiga bulan ke depan yakni Desember - Februari. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Badan  Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) memprediksi,  hujan disertai angin yang melanda wilayah di Indonesia diprediksi akan terus terjadi. Bahkan, puncaknya akan terjadi tiga bulan ke depan mulai Desember hingga Februari 2018.

Berdasarkan keterangan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati pada bulan Desember 2017- Februari 2018 merupakan periode puncak musim hujan tahun 2017/2018 khususnya bagi wilayah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

"Untuk itu perlu diwaspadai wilayah yang rentan dan berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, genangan dan longsor," kata Dwikorita kepada wartawan di kantor BMKG Kemayoran Jakarta Pusat, Senin (4/12/2017).

Menurut Dwikorita, mulai hari ini hingga 12 Desember 2017 dari hasil prakiraan BMKG,  DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Utara mengalami monsoon break (curah hujan rendah atau dapat dikatakan 'hujannya istirahat').

Namun demikian, Jawa Tengah ke arah Jawa Timur bagian selatan, hingga Nusa Tenggara mengalami curah hujan sedang - tinggi. "Sumatera Bagian Utara termasuk Aceh dan Kalimantan pun mengalami curah hujan sedang - tinggi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,