Pelangi 9 Jam Bakal Pecahkan Rekor Dunia 23 Tahun Lalu

Pelangi 9 Jam Bakal Pecahkan Rekor Dunia 23 Tahun Lalu

Pelangi muncul selama sembilan jam di Taipei Taiwan. (foto - Chinese Culture University)

Taipei - Munculnya pelangi selama sembilan jam di Taipei Taiwan sepertinya akan memecahkan rekor pelangi terlama di dunia. Rekor sebelumnya dalam kategori itu dipegang oleh pelangi yang muncul selama enam jam di Sheffield Yorkshire Inggris.

Berdasarkan keterangan para peneliti di Chinese Culture University, pelangi itu terjadi saat pagi hari 30 November lalu dan bertahan hampir sepanjang hari. Mereka sangat bersemangat hingga setiap sudut pelangi diabadikan. Selain indah, foto itu juga bisa jadi bukti untuk mengalahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan 23 tahun lalu.

Menurut Profesor Liu Ching-hwang, dari Fakultas Ilmu Atmosfer di Chinese Culture University, pelangi yang memecahkan rekor itu terjadi sekitar pukul 07.15 pagi dan berlangsung sampai jam 4 sore waktu Taipei. Fenomena langit yang indah itu membentang di hampir seluruh Kota Taipei.

"Karena daerah setempat di Kabupaten Shilin sedang mengalami musim angin timur laut, kelembaban pun sering terkumpul di wilayah ini , dan mengembun menjadi hujan yang menimbulkan pelangi saat ada sinar matahari," sebut Ching-hwang.

Dilansir Metro, Selasa (5/12/2017) ternyata pelangi dengan durasi yang lama juga terjadi tiga hari sebelumnya. Pengamat iklim di Chinese Culture University berhasil merekam data pelangi lain yang berlangsung sekitar enam jam itu. Namun mereka tidak yakin pelangi itu dapat memecahkan rekor pelangi di Sheffield.

Sejauh ini, staf di universitas saat ini tengah mengumpulkan bukti untuk ditunjukkan kepada Guinness World Record. Nantinya berkas itu dapat menguatkan bukti adanya pelangi lebih lama dari sebelumnya. Foto pelangi di Teipei itu pun viral di sosial media. Orang-orang mengatakan, mereka 'tidak pernah melihat pelangi dengan sejelas itu' dalam hidup mereka. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,