Pilkada Jawa Barat Dijadikan Percontohan bagi Provinsi Lain

Pilkada Jawa Barat Dijadikan Percontohan bagi Provinsi Lain

Launching Pilgub Jabar di Sabuga Jalan Tamansari Bandung Selasa 5 Desember 2017 malam. (foto - KPU Jabar)

Bandung - Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah  (Pilkada)  serentak khususnya dalam soal kesiapan anggaran,  Provinsi Jabar dijadikan percontohan bagi provinsi lainnya di Indonesia. Jabar mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat mendapatkan anggaran yang cukup, dalam pelaksanaan pilkada serentak.

Demikian disampaikan Ketua KPU Pusat Arif Budiman, dalam "Launching Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018" di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Jalan Tamansari Bandung, Selasa (5/12/2017) malamLaunching bertema "Medal Munggaran Pilgub Jabar 2018" dihadiri ribuan orang dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 27 Kabupaten/Kota se-Jabar.

Jawa Barat, kata Arif mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat mendapatkan anggaran yang cukup dalam pelaksanaan pilkada serentak. "Saya percaya, Jabar sebagai salah satu provinsi yang anggarannya cukup dan persetujuan NPHD-nya tidak berbelit. Ini akan diceritakan ke provinsi lain agar mereka cukup dan dicukupi," kata Arif.

Sementara Ketua Panitia Launching Pilgub Jabar Nina Yuningsih mengatakan, meski tahapan Pilgub Jabar telah berjalan, baru dilaunching awal Desember ini. Alasannya, launching memang diagendakan setelah pembentukan PPK dan PPS rampung.

Hal itu sekaligus peluncuran tagline KPU Jabar dalam menyambut Pilkada Serentak, yakni "Pilgub Jabar Semarak, Pilkada Serentak Gembira". Semarak artinya Semangat, Mandiri, Ramah dan Aksesibel. Sementara Gembira, berarti Gerakan Membangun Demokrasi yang Bermartabat dan Adil.

Tagline itu diambil karena ingin menciptakan Pilgub Jabar berlangsung semarak dan gembira. "Kita tidak ingin adanya konflik karena perbedaan. Apalagi Provinsi Jabar sangat majemuk mulai dari suku, agama dan budaya," tegas Nina Yuningsih.

Suasana launching itu sendiri tampak sangat kental dengan perbauran tiga budaya, yakni budaya Sunda, Jawa serta Betawi. Mereka saling berbaur di Sabuga yang menambah khasanah prosesi dimulainya Pilkada Serentak di Jabar. (Jr.)**

.

Categories:Politik,
Tags:,