Tol Soroja Telah Bisa Dilalui Meski Belum Siap Keseluruhan

Tol Soroja Telah Bisa Dilalui Meski Belum Siap Keseluruhan

Sejumlah kendaraan sudah mulai menggunakan Tol Soroja melalui gerbang Soreang. (foto - @dzikri_asep)

Bandung - PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai perusahaan pengelola ruas Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menyatakan terdapat sejumlah hal yang perlu diketahui masyarakat.
 
Pernyataan resmi tersebut menyusul dioperasikannya Jalan Tol Soroja untuk umum, setelah diresmikan Presiden Jokowi, pada Senin 4 Desember 2017.
PT Citra Marga Lintas Jabar mengeluarkan edaran resmi, Selasa (5/12/2017). Dalam edaran tersebut berkaitan dengan masih diperlukannya upaya penyempurnaan demi peningkatan pelayanan.
 
Di antaranya, jalur perjalanan dari Soreang menuju Purbaleunyi. Tol Soroja sudah terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi melalui gerbang Tol Soreang. Pengguna jalan yang ingin menuju ke Purbaleunyi dapat menggunakan Tol Soroja kecuali menuju gerbang Tol Pasirkoja.
 
Untuk jalur perjalanan dari Purbaleunyi menuju Soreang. Pengguna jalan yang ingin menggunakan Tol Soroja dari Tol Purbaleunyi kecuali dari gerbang Tol Pasirkoja, dapat keluar lewat gerbang Tol Soreang.
 
Adapun gerbang tol yang diperasikan untuk sementara ini, yakni gerbang Tol Soreang. Sedangkan untuk gerbang Tol Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, Margaasih Barat dan Margaasih Timur baru bisa dioperasikan dalam beberapa hari ke depan.
 
Menyangkut soal tarif, penggunaan jalan Tol Soroja melalui gerbang Tol Soreang belum dikenakan tarif. Pengenaan tarif diberlakukan dari gerbang Tol Pasirkoja dan atau perjalanan dari Tol Purbaleunyi.
 
Sementara itu, Kepala Dishub Jabar, Dedi Taufik yang meninjau langsung kondisi Tol Soroja di pintu tol Soreang mengatakan, kondisi jalan sudah baik meski masih harus ada pembenahan. "Integrasi antarpintu tol yang perlu antisipasi. Demikian pula jalan keluar pintu Tol Margaasih dan Katapang menyempit hingga harus diantisipasi petugas," katanya.
 
Ia mengakui, sudah banyak warga yang memanfaatkan jalan Tol Soroja, meski belum terlalu ramai. "Kami mengimbau agar warga berhati-hati saat mengemudikan kendaraan dan siapkan saldo yang cukup di kartu e-toll," katanya.
 
Kepala Dishub Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana menambahkan, pintu Tol Soroja hanya bisa untuk masuk kendaraan, namun untuk keluar belum bisa. "Mungkin karena saat keluar harus melakukan pembayaran dengan kartu e-toll, dan belum terintegrasi ke jaringan pembayaran tol. Kalau masuk tol sebatas menempelkan kartu," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,