Perhatikan Subsidi Bagi Petani dan Peternak

Perhatikan Subsidi Bagi Petani dan Peternak

Subsidi Bagi Petani dan Peternak

Bandung- Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra Dr Sunatra menyatakan subsidi dan insentif bagi petani dan peternak Jabar perlu mendapat bagian lebih besar untuk percepatan swasembada sektor itu.
 
"Pemerintah harus memberikan perhatian lebih bagi peternak dan petani Jabar dengan menambah subsidi dan insentif yang dirasakan langsung oleh mereka untuk meningkatkan produktivitas dan merealisasikan swasembada kedua sektor itu," kata Sunatra di Bandung, Kamis (20/11/2014).
 
Ia menyebutkan, jumlah peternak di Jawa Barat saat ini cukup besar, namun mereka kurang mendapatkan insentif dan subsidi yang memadai. Akibatkan produktivitasnya masih belum mencukupi dan sektor peternakan harus dipasok dari daerah lain.
 
Selain itu tata niaga sektor peternakan di provinsi itu juga perlu dibenahi sehingga bisa lebih efektif.
 
"Kami akan menagih janji pemerintah terkait pengalihan subsidi BBM, dimana sektor peternakan dan pertanian di Jabar perlu ditambah, selain itu juga infrastruktur yang mendukungnya," kata dia.
 
Lebih lanjut ia menyebutkan, Jabar dengan penduduk 43 juta orang merupakan terbesar di Indonesia. Selain itu juga peternaknya juga cukup besar, namun penghasilan peternak di provinsi itu masih rendah.
 
Akibatnya sektor itu kurang seksi sehingga kurang diminati oleh generasi muda. Ia mencontohkan peternak penggemukan sapi masih kurang, sehingga pasokan sapi potong masih harus "diback up" dari Jatim dan Jateng.
 
"Selain itu, intensifikasi sektor peternakan juga perlu digenjot sehingga bisa memberi nilai tambah. Seperti produk susu, diharapkan ada upaya pengolahan produk menjadi produk siap jual, selama ini ketergantungan pada pabrik begitu besar," katanya.
 
Terkait kenaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp2.000 per liter, menurut Sunatra sebaiknya tidak dilakukan oleh pemerintah. Namun demikian ia berharap janji pengalihan subsidi ke sektor infrastruktur bisa direalisasikan. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,