Puluhan Kios/Los di Pasar Cijerah Bandung Ludes Terbakar

Puluhan Kios/Los di Pasar Cijerah Bandung Ludes Terbakar

Kebakaran Pasar Cijerah di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung Jumat 8 Desember 2017) dinihari. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 36 kios di Pasar Cijerah Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung ludes terbakar, Jumat (8/12/2017) dinihari sekitar pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara, pihaknya mendapat laporan kebakaran dari warga sekitar lokasi. Tim pun segera meluncur dan sampai di lokasi 10 menit kemudian.

"Saat sampai di lokasi api sudah membesar. Sedangkan titik apinya ada di tengah pasar," katanya. Diskar PB segera menerjunkan tiga tim, terdiri atas tim pemadaman, tim pemblokiran dan tim evakuasi. "Tim pemadaman yang fokus melakukan pemadaman, lalu ada tim pemblokiran yang melakukan penyekatan agar api tak merambat dan tim evakuasi," katanya.

Menurut Ferdi, api baru dapat dipadamkan 20 menit kemudian yang dilanjutkan dengan proses pendinginan. "Kami menerjunkan 16 unit Pancar didukung 2 unit Rescue Commando," tegas Ferdi.

Kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek. Dari total 1.611 kios anga da di pasar itu, sekitar 1.575 kios lainnya berhasil diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. "Api tidak merembet ke kios lainnya. Kios yang terbakar didominasi oleh pedagang sembako. Sejauh ini aktivitas pasar tetap berjalan seperti biasa," tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Bandung Kulon Kompol Kasmilan memastikan asal mula api yang membakar pasar itu akibat hubungan arus pendek. "Penyidikan kebakaran sudah selesai, indikasi kebakaran disebabkan hubungan arus pendek," katanya.

Meski penyidikan sudah selesai, kepolisian tetap berjaga di lokasi untuk melakukan pengamanan. Pasalnya, jika tidak dijaga dikhawatirkan ada penjarahan barang dagangan. "Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola pasar agar dilakukan pengecekan keamanan. Pihak PD Pasar pun sudah datang ke lokasi," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,