Fredrich dan Otto, Dua Pengacara Mundur Dampingi Setnov

Fredrich dan Otto, Dua Pengacara Mundur Dampingi Setnov

Fredrich Yunadi dan Otto Hasibuan keduanya mundur sebagai pengacara Setya Novanto. (foto - ist)

Jakarta - Pengacara  Fredrich Yunadi menyusul Otto Hasibuan,  putuskan untuk mengundurkan diri  sebagai Kuasa Hukum Ketua DPR Setya Novanto. Menurut Frederich, ia sudah menyampaikan langsung keputusan itu kepada Setnov di Rutan KPK.

"Secara lisan sudah diberitahukan kepada Setya Novanto," kata Fredrich, Jumat (8/12/2017). Ia menyebutkan, dirinya menyampaikan pengunduran diri bersama Otto saat menjenguk Setnov, Kamis kemarin. Terhitung hari ini, ia sudah tidak lagi mendampingi Ketua Umum Partai Golkar itu.

"Untuk kasus yang disidik KPK di tangan Maqdir, saya dan rekan Otto sudah mengundurkan diri," tegas Fredrich. Sejauh ini, tinggal tim Maqdir Ismail yang mendampingi Setnov dalam menghadapi sangkaan KPK terkait perkara korupsi e-KTP.

Fredrich meminta pertanyaan seputar permasalahan yang berkaitan dengan Setnov dikonfirmasi langsung kepada Maqdir, yang merupakan kuasa hukum barunya. "Ini kan ditangani Maqdir. Lain kali kalau ada apa-apa tanya saja Maqdir," ungkapnya.

Diakui, tak ada masalah dengan Setnov sampai memutuskan mundur mendampinginya, dan Setnov pun sudah menerima keputusannya. "Beliu terima, enggak ada masalah. Kami sama Pak SN juga tidak ada perbedaan pendapat, tapi ya karena ada sesuatu hal yang kami tidak dapat lakukan," katanya.

Sejauh ini, Ketua DPR itu disinyalir masih belum terbuka kepada penasihat hukumnya terkait perkara korupsi e-KTP di KPK. Karena salah satu faktor itu, akhirnya penasihat hukum Otto Hasibuan dan Fredrich pun mengundurkan diri.

"Tak ada kesepakatan yang jelas tentang tata cara penanganan satu perkara, sehingga itu bisa menjadi kerugian bagi dia dan saya," kata Otto. Otto datang ke kantor antirasuah itu untuk memberikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Setnov dan penyidik KPK. 

Ditanya apakah pengunduran itu karena Setnov masih tertutup dan tidak jujur kepada dirinya, Otto tidak membantahnya. Otto menilai, sikap Setnov itu bisa menyulitkan pekerjaan kuasa hukum dalam melakukan pembelaan.

Otto mengklaim, Setnov sempat menahannya untuk tak mengundurkan diri. Namun, mantan pengacara Jessica Kumala Wongso itu bersikeras. Mengenai apakah ia memiliki hubungan yang tak harmonis dengan penasihat lain, Otto membantahnya. 

Otto justru menilai, hal itu tidak ada kaitannya dengan kuasa hukum Setnov lainnya. "Saya dengan Fredrich sangat baik hubungannya, apalagi dengan saudara Maqdir. Maqdir sahabat saya, dan sampai saat ini ada perkara yang saya kerja sama dengannya," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,