Jajaran Polrestabes Bandung Mengamankan 230 Preman

Jajaran Polrestabes Bandung Mengamankan 230 Preman

Sebanyak 230 orang yang diduga preman digiring ke Mapolrestabes Bandung. (foto - Polrestabes Bandung)

Bandung - Jajaran Polrestabes Bandung mengamankan sedikitnya 230 orang yang diduga preman, Jumat (8/12/2017). Kegiatan itu merupakan antisipasi terhadap gangguan keamanan menjelang akhir tahun.

Razia dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah termasuk melibatkan jajaran polsek. Antara lain di tempat keramaian, pasar, terminal serta jalanan. Mereka yang diamankan di antaranya pengamen, "pak ogah", juru parkir liar serta berbagai aktivitas lain yang diduga berpotensi menjadi gangguan keamanan. Seluruh terduga preman yang terjaring razia digiring ke Mapolrestabes Bandung untuk didata.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo kepada wartawan mengatakan, pemberantasan premanisme menjadi perhatian pusat. Kapolri menginstruksikan seluruh jajaran untuk memberantas praktik premanisme dalam berbagai bentuk. Apalagi Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang cenderung makin ramai saat masa liburan.

"Bandung kan kota wisata, dengan begitu kita harus menjaga kamtibmasnya. Sehingga wisatawan lokal atau mancanegara yang datang ke Bandung untuk berlibur dan berwisata merasa aman dan nyaman, serta tidak ada gangguan yang terjadi pada mereka," kata Agung.

Menurutnya, bagi ratusan orang yang diduga terlibat dalam premanisme akan dilakukan pendataan. Jika ditemukan adanya barang tertentu seperti narkoba atau senjata tajam, akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan mereka yang masih di bawah umur akan dipanggil orangtuanya. "Kalau ada alat bukti akan kita proses".

Kegiatan ini, lanjutnya tidak hanya dilaksanakan di Kota Bandung, tapi di seluruh wilayah Jawa Barat tanpa terkecuali. Harapannya, berbagai potensi bisa dicegah sebelum menjadi gangguan keamanan. Dengan demikian, masyarakat bisa melaksanakan aktivitas harian dengan rasa aman, termasuk saat libur akhir tahun. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,