Tabrakan di Tol Cawang, Pengemudi Avanza Jadi Tersangka

Tabrakan di Tol Cawang, Pengemudi Avanza Jadi Tersangka

Tabrakan Avanza dengan Toyota Kijang di Tol Halim Cawang Jakarta Timur Km 0,200 arah Cikampek. (foto - TMC Polda Metro Jaya)

Jakarta - Risyanto (31), pengemudi Avanza yang menabrak Toyota Kijang di Tol Halim Perdanakusuma Cawang Jakarta Timur Km 0,200 arah Cikampek, ditetapkan sebagai tersangka, Pengemudi itu diduga lalai hingga menyebabkan 14 orang mengalami luka-luka dalam kecelakaan itu, Senin (11/1/2/2017).

Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, Risyanto terancam dijerat Pasal 310 Undang Undang (UU) RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), karena ia diduga lalai saat membawa rombongan keluarga sepulang melayat dari Pemalang Jawa Tenga.

"Iya, pertama memang tersangka, dia sudah menabrak barrier melaju ke sebelah kiri. Itu sudah pelanggaran," kata Halim. Risyanto telah mengakui, dirinya dalam keadaan ngantuk saat melintas Tol Cawang arah Cikampek. Akibatnya, mobil yang dikemudikan oleng dan menabrak pembatas jalan (water barrier), sehingga berpindah jalur lalu menabrak bumper Kijang yang sedang melaju dari arah berlawanan.

"Dia ngaku sendiri 'saya lelah dan capek, tahu-tahunya hilang kesadaran langsung nabrak barrier," katanya. Akibat kecelakaan itu, sebanyak 14 orang mengalami luka-luka, tiga orang di antaranya masih anak-anak. Delapan korban luka-luka dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Kristen Indonesia (UKI), sedangkan 5 korban luka lainnya dilarikan ke RS Polri Kramat Jati Jakarta Timur.

Seperti diketahui, kecelakaan itu melibatkan dua unit mobil jenis Toyota Kijang dan Avanza yang ditumpangi oleh rombongan keluarga sepulang melayat dari daerah Pemalang Jawa Tengah. Avanza ditumpangi 9 orang itu pulang dari Pemalang pada Minggu 10 Desember malam sekitar pukul 21.00 WIB, dalam perjalanannya menuju Jakarta mereka sempat beristirahat hingga tiga kali. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,