Fadli Zon Resmi Ditunjuk Menjadi Plt. Ketua DPR

Fadli Zon Resmi Ditunjuk Menjadi Plt. Ketua DPR

Fadli Zon.

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon resmi ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR. Ia dipilih berdasarkan mekanisme rapat pimpinan DPR, dan adanya surat pernyataan pengunduran diri dari Setya Novanto yang tersangkut kasus korupsi.

"Telah ditetapkan Plt Ketua DPR yakni wakil ketua bidang korpolkam sesuai dengan fraksi, dalam hal ini saya akan menjalankan tugas plt ketua sampai dengan adanya ketua atau pimpinan yang definitif," kata Fadli di gedung DPR Jakarta, Senin (11/12/2017).

Menurut Fadli, keputusan itu diambil sesuai hasil rapat pimpinan. Para wakil ketua DPR Fahri Hamzah dan Taufik Kurniawan menyetujui Fadli menjadi plt Ketua DPR. "Pak Agus Hermanto tidak berada di tempat," kata Fadli.

Ia menjelaskan, langkah ini diambil sesuai dengan Pasal 87 UU nomor 17 tahun 2014 tentang MD3 disebutkan pada ayat 3, dalam hal salah satu seorang pimpinan DPR berhenti dari jabatannya.

Hal itu sebagaimana dimaksud pada ayat 1 anggota pimpinan lainnya menetapkan salah seorang di antara pimpinan, untuk melaksanakan tugas pimpinan yang berhenti sampai ditetapkannya pimpinan yang definitif.

"Nanti tentu saja akan diajukan oleh Partai Golkar melalui Fraksi Golkar pada waktu yang ditetapkan, mungkin setelah masa reses berakhir, yaitu pada masa sidang yang akan datang, akan kita mulai pada 9 Januari 2018," katanya. 

Demikian tambah Fadli, tidak ada informasi atau kesimpangsiuran kita menjalankan segala sesuatu berdasarkan amanat dari UU MD3. Ini sifatnya tentu saja untuk menjalankan roda institusi sesuai amanat UU tersebut," kata Fadli. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,