PSSI Tetap Gelar Turnamen Piala Indonesia pada 2018

PSSI Tetap Gelar Turnamen Piala Indonesia pada 2018

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria. (foto - ist)

Jakarta - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan penyelenggaraan Copa Indonesia (Piala Indonesia) pada tahun 2018.
 
"Ada satu jejak sejarah yang harus dijaga bersama. Semua negara punya kejuaraan di sela liga. Jadi, Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dan salah satu terbesar di Asia harus menghidupkan kembali Piala Indonesia," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Makostrad Jakarta.
 
Menurut Ratu, Piala Indonesia menjadi semakin penting nilainya karena merupakan kompetisi di tingkat akar rumput. Soal  waktu pelaksanaan, Ratu menjawab hal itu masih akan didiskusikan lebih lanjut, termasuk tentang siapa yang akan melaksanakan kompetisi tersebut.
 
"Semua itu akan dibicarakan di atas tanggal 20 Desember 2017," ungkapnya. Ia pun menyatakan alasan kenapa Piala Indonesia baru dimulai pada musim 2018. 
 
Menurutnya, tahun 2017 adalah masa di mana liga masih dalam transisi dari strata ke strata. "Jadi ketika tahun depan semua strata sudah tertata rapi, di situlah kita mulai pertarungannya," katanya.
 
Piala Indonesia atau Copa Indonesia awalnya digelar pada 2005 dengan format layaknya Piala FA di Inggris, melibatkan semua tim dari liga terbawah. Dalam pelaksaan sebelumnya, kompetisi itu digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak empat besar. 
 
Juara terakhir Piala Indonesia yang dilangsungkan tahun 2012 adalah Persibo Bojonegoro. Sedangkan juara Piala Indonesia penyelenggaraan pertama tahun 2005, yakni Arema Malang yang menaklukkan Persija Jakarta di partai final. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,