Longsor Terjang Chile Tewaskan 5 Orang dan 15 Lainnya Hilang

Longsor Terjang Chile Tewaskan 5 Orang dan 15 Lainnya Hilang

Longsor menerjang wilayah Chile selatan. (foto - AP)

Santiago - Chile selatan diterjang longsor setelah wilayah itu diguyur hujan deras. Akibatnya, sedikitnya 5 orang tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka, serta puluhan rumah warga hancur. Korban hilang diketahui mencapai 15 orang.
 
Korban hilang merupakan warga di sebuah desa terpencil, yakni Desa Santa Lucía dekat Chaiten di pesisir Patagonia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pihak berwenang mengatakan, empat orang Chili dan seorang turis pria yang namanya dan kewarganegaraannya belum diungkapkan, tewas dalam longsor.
 
Selain menyebabkan korban tewas dan hilang, longsor juga menyebabkan ribuan warga lainnya hidup dalam kegelapan tanpa listrik. Menanggapi bencana itu, Presiden Chile Michelle Bachelet telah mengumumkan keadaan darurat di daerah tersebut.
 
"Saya telah memerintahkan petugas penyelamat untuk mengerahkan semua sumber daya yang diperlukan untuk melindungi masyarakat di Villa Santa Lucia," sebut Bachelet, seperti dilansir dari BBC, Senin (18/12/2017).
 
Presiden Michelle Bachelet menyatakan, daerah itu sebagai zona bencana. Media lokal melaporkan, daerah itu mengalami hujan lebat yang luar selama 24 jam, sehari sebelum musibah longsor terjadi. Kementerian Dalam Negeri Chile mengatakan, lebih 4,5 inci (11,4 cm) hujan mengguyur wilayah itu selama berjam-jam. Namun kondisi cuaca diperkirakan akan segera membaik.
 
Puluhan orang yang berada di pusat titik bencana diketahui telah dievakuasi menuju Kota Chaiten. Desa yang dilanda longsor diketahui terletak dekat dengan Taman Nasional Corcovado dan Gunung berapi Chaiten, yang pernah meletus pada 2008 hingga memaksa ribuan penduduk untuk mengungsi.
 
Meski dilanda bencana, Otoritas Chile memastikan proses pemungutan suara untuk pemilu tetap akan berjalan sesuai rencana. Seperti diketahui, Chile saat ini tengah mengadakan pemilu presiden. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,