RSHS Tambah Ruang Isolasi Rawat Lonjakan Pasien Difteri

RSHS Tambah Ruang Isolasi Rawat Lonjakan Pasien Difteri

RSHS Bandung menambah ruang isolasi dan tenaga medis hadapi lonjakan pasien difteri. (foto - ist)

Bandung - Pasien difteri yang  dirawat di RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS)  jumlahnya terus meningkat. Sebelumnya hanya terdapat dua pasien yang dirawat pada awal Desember lalu bertambah menjadi 16 pasien rujukan, Kamis (21/12/2017).
 
Dari jumlah itu, seorang pasien asal Kabupaten Sukabumi telah meninggal dunia pada 19 Desember 2017 lalu. Menurut Direktur Medik dan Keperawatan RSHS, Nucky Nursjamsi bertambahnya pasien membuat pihaknya cukup kewalahan.
 
Terutama dengan jumlah ruang isolasi yang tidak mencukupi. Untuk itu, mereka menambah jumlah ruangan untuk merawat 16 pasien. Ruang tambahan terdiri atas Ruang Isolasi Kenanga, Ruang Angsana, bahkan ada yang di IGD.
 
"Lonjakannya cukup signifikan. Dulu kami tidak usah siapkan ruang khusus, cukup ruang isolasi yang cukup menampung untuk 8-10 pasien. Makanya sekarang ini kami siapkan ruangan tambahan dengan memobilisasi pasien yang lama, untuk lokalisasi pasien difteri," katanya.
 
Selain menyiapkan sarana dan prasana, tenaga medis pun disiapkan lebih banyak yang terdiri atas tiga ring.‎ Adapun jumlah tenaga medis yang berada di ring satu yang kontak langsung dengan pasien sebanyak 900 orang. Itu disiapkan agar tidak terkontaminasi, dan memvaksinasi karyawan. Selain itu persiapan obat dan vaksin.
 
Mengenai penambahan jumlah pasien difteri, Nucky menyatakan kebanyakan pasien yang datang adalah anak-anak, yang merupakan rujukan dari kawasan Bandung Raya. Sedangkan lainnya dari luar kota. Mereka datang bervariasi, yang terbaru datang 4-5 hari yang lalu.
 
Dari 16 pasien yang dirawat saat ini, dua di antaranya masih menunggu pemeriksaan lab, seangkan lainnya sudah positif difteri. Penangannya belum sampai pada pembebasan jalan napas. Mereka dirawat di ruang khusus, tidak digabung, dan diberikan pengobatan antibiotik dan observasi yang ketat. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,