Dinas Bina Marga Jabar Antisipasi Banjir Pantura

Dinas Bina Marga Jabar Antisipasi Banjir Pantura

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Provinsi Jawa Barat, M. Guntoro. (Foto : CikalNews/Ade)

Bandung – Dinas Bina Marga dan Pengairan Provinsi Jawa Barat mengaku sudah mengantisipasi jika terjadi banjir di wilayah Pantura, seperti di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu. Untuk mencegah banjir kembali terulang seperti tahun 2013, normalisasi sungai di wilayah jalur Pantura Subang-Indramayu sudah dilakukan.

 

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Provinsi Jawa Barat M. Guntoro, mengatakan, untuk mencegah banjir terulang seperti tahun lalu pihaknya sudah menaikkan tinggi jalan di tambah memasang tiang pancang.

 

“Agar air sungai tidak meluap ke jalan, kita sengaja pasang tiang pancang dan meninggikan jalan. Beberapa sungai pun kita lakukan pengerukan atau normalisasi,” kata M. Guntoro di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (20/11/2014).

 

Guntoro menambahkan, pihaknya sudah menyediakan alat berat untuk mengantisipasi jika terjadi hujan besar yang diprediksi menyebabkan banjir.  “Alat berat sudah kita siagakan, termasuk dengan petugas dan kepolisian yang siap membantu saat terjadi banjir,” tambahnya.

 

Banjir Subang dan Indramayu tahun 2013 tercatat paling besar selama sepuluh tahun terakhir, yang mengakibatkan lumpuhnya roda perekonomian dan aktifitas masyarakat. Dinas Bina Marga dan Pengairan Jawa Barat sudah melakukan pembenahan di beberapa wilayah seperti Patrol, Eretan, Kabupaten Indramayu hingga Ciasem Kabupaten Subang. Banjir Pantura bisa lebih parah jika terjadi hujan sangat deras ditambah air pasang dari laut.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,