Masjid Terapung Jabar Senilai Rp 913 Miliar Mulai Dibangun

Masjid Terapung Jabar Senilai Rp 913 Miliar Mulai Dibangun

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat di kawasan Gedebage Bandung. (foto - ist)

Bandung - Masjid Raya Provinsi Jawa Barat yang  dirancang di  atas danau (terapung) di kawasan  Gedebage Kota Bandung mulai dibangun. Masjid megah dengan nama Al Jabbar tersebut dibangun dengan anggaran sebesar Rp 913 miliar.
 
Anggaran itu akan digunakan dalam dua tahap. Tahap pertama menghabiskan anggaran Rp 511 miliar. Dana itu digunakan untuk membuat danau retensi dan satu menara. Targetnya, tahap pertama bisa selesai pada akhir tahun 2018.
 
Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan seusai peletakan batu pertama di lokasi pembangunan Masjid provinsi jawa Barat di kawasan Gedebage Kota Bandung, Jumat (29/12/2017). "Mulai hari ini pembangunan masjid mulai dilakukan hingga akhir 2018. Insya Allah sampai 70 persen tercapai pada  2018," kata Aher.
 
Masjid itu nantinya berbentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter terdiri atas tiga lantai. Lantai pertama akan dibangun museum sejarah nabi. Sedangkan lantai dua dan tiga menjadi tempat ibadah yang dapat menampung sekitar 60 ribu jemaah.
 
Dengan adanya museum merupakan implementasi dari sebuah masjid modern yang multifungsi. "Di sini bisa untuk manasik, ada juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia ataupun sejarah Islam Jabar. Ada tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan dan seminar," katanya.
 
Masjid tersebut dibangun di atas lahan sekitar 21 hektar yang idbebaskan. Seluas 10 hektar di antaranya digunakan untuk badan air danau buatan Gedebage dengan kedalaman 3 meter dan bisa menampung air hujan. Keberadaan sungai pun dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Bandung, setara 15 meter kubik per detik.
 
"Kami memanfaatkan secara maksimal pembangunan danau buatan tersebut. Sebab, selain memiliki fungsi sebagai pengendali banjir, juga berfungsi sebagai cadangan air baku termasuk fungsi sosial," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,