Gereja Koptik Mesir Diberondong Tembakan, 9 Orang Tewas

Gereja Koptik Mesir Diberondong Tembakan, 9 Orang Tewas

Sekelompok pria bersenjata melepaskan tembakan di gerbang Gereja Koptik di Helwan Mesir. (foto - EPA)

Kairo - Sedikitnya sembilan orang dinyatakan tewas termasuk tiga polisi setempat, setelah sekelompok pria bersenjata melepaskan tembakan di gerbang Gereja Koptik di Helwan Mesir.
 
Dilaporkan Reuters, Jumat (29/12/2017) sumber keamanan setempat menyatakan, serangan berawal ketika dua pria bersenjata memberondong tembakan di gerbang masuk Gereja St. Mina di Distrik Helwan, Kairo bagian selatan.
 
Ketika terjadi penembakan, gereja itu tengah dijaga ketat oleh polisi karena masih dalam masa perayaan Natal Ortodoks hingga pekan depan. Langkah tersebut merupakan bagian dari peningkatan langkah keamanan yang diberlakukan Kepolisian Mesir.
 
Sementara kantor berita Mesir MENA menyatakan, seorang pelaku penembakan akhirnya berhasil ditembak mati oleh petugas kepolisian yang tengah berjaga di lokasi kejadian. Sedangkan seorang pelaku lainnya berhasil ditangkap.
 
Dalam pernyataannya, pihak Kementerian Kesehatan Mesir menyebutkan 9 orang tewas akibat penembakan itu. namun sejumlah media setempat menyebutkan, jumlah korban tewas mencapai 12 orang. Jumlah itu terlepas dari seorang pelaku yang ditembak mati. Lima orang lainnya mengalami luka-luka, dua orang di antaranya yang berjenis kelamin wanita dilaporkan dalam kondisi kritis di rumah sakit.
 
Disebutkan, pelaku yang ditembak mati mengenakan sabuk peledak yang belum meledak. Dua bom lainnya yang ditemukan di dekat gereja itu berhasil dijinakkan. Sejauh ini, belum ada pihak maupun kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.
 
Namun rentetan serangan teror terhadap minoritas Kristen Koptik di Mesir terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk dua teror bom saat Minggu Palma pada April lalu dan ledakan di Katedral Koptik terbesar di Kairo, pada Desember tahun lalu yang menewaskan 28 orang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,