Gempa Berskala 5,0 SR Guncang Dua Wilayah di Bengkulu

Gempa Berskala 5,0 SR Guncang Dua Wilayah di Bengkulu

Gempa Berskala 5,0 SR Guncang Dua Wilayah di Bengkulu. (ilustrasi)

Bengkulu - Dua wilayah di Provinsi Bengkulu diguncang gempa berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR). Kedua wilayah itu, yakni Kabupaten Kaur dan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Senin (1/1/2018).

Gempa yang mengguncang Seluma terjadi selang satu jam setelah gempa di Kaur, sekitar pukul 14.26 WIB. Titik koordinat gempa berada di 3,41 Lintang Selatan (LS) dan 102,13 Bujur Timur (BT), tepatnya 76 km Barat Daya Seluma.

Adapun pusat gempa berada di kedalaman 16 km. Getaran gempa itu dirasakan cukup kencang di Kota Bengkulu dan sekitarnya. Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman gempa tektonik di wilayah Kaur dan Seluma disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia.

"Gempa dipicu mekanime penyesaran naik (thrust fault). Gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.. Sejauh ini, belum ada aktivitas gempa susulan. Pihaknya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,0 SR terjadi di Kabupaten Kaur. Gempa itu terjadi sekira pukul 13.22 WIB. Titik gempa berada di 6,46 Lintang Selatan dan 101,70 Bujur Timur (BT). Gempa itu berada di 276 kilometer Barat Daya, Kabupaten Kaur dengan kedalaman 10 km. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,