Mobil Wisatawan di Maribaya Ringsek Tertimpa Pohon

Mobil Wisatawan di Maribaya Ringsek Tertimpa Pohon

Pohon berukuran cukup besar di Jalan Maribaya Lembang tumbang ke jalan menimpa mobil. (foto - ist)

Bandung - Sebuah pohon berukuran cukup besar di Jalan Maribaya Lembang tumbang menimpa mobil wisatawan asal Cimahi, Senin (1/1/2018). Pohon besar tersebut tumbang ketika hujan deras mengguyur wilayah Lembang da sekitarnya.
 
Mobil Daihatsu Sirion berwarna putih dengan nomor polisi D 1832 SA itu remuk di bagian atapnya hingga menghancurkan kaca depan. Beruntung, penumpang yang ada di dalam mobil itu tidak mengalami luka parah. Kaprilio (20), pemilik kendaraan menyatakan kronologis kejadian itu saat masih syok.
 
"Tadi lagi hujan, karena jalan banjir sehingga kendaraannya melaju pelan-pelan. Tiba-tiba pohon di sebelah kiri tumbang sampai akhirnya menimpa mobil saya," katanya.
 
Warga bersama petugas pemadam kebakaran dan kepolisian, bersama-sama berusaha memindahkan batang pohon yang diperkirakan berdiameter 30 cm. Sebelum diangkat, seorang warga memotong batang pohon dengan gergaji mesin agar beratnya berkurang.
 
Menurut sejumlah saksi mata, pohon tumbang di jalan tersebut memang sering terjadi. Namun sampai sejauh ini, dinas terkait dari Pemkab Bandung Barat sama sekali belum bereaksi. "Sudah beberapa kali mengajukan agar pohon ditebang dan diganti dengan pohon baru. Namun warga yang mau menebang justru harus bayar kompensasi, mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 7,5 juta," katanya.
 
Disebutkan, penyebab tumbangnya pohon karena akar pohon tergerus banjir sehingga tidak mengikat erat pada tanah. "Hampir semua pohon di sini berdiri di samping drainase, dan parahnya drainasenya justru sering kebanjiran sampai ke jalan. Akhirnya akar pohon tercabut dan tumbang ke jalan," katanya.
 
Warga berharap, pemerintah terkait segera merespon permintaan warga untuk memotong pohon yang mayoritas sudah tua dan lapuk. "Kalau sudah kejadian seperti ini, apa pemerintah peduli? Kasihan pengguna jalan dan warga sekitar. Untung tidak ada yang meninggal," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,