Badai Eleanor, Bandara Schipol Batalkan 252 Penerbangan

Badai Eleanor, Bandara Schipol Batalkan 252 Penerbangan

Kepadatan penumpang di Bandara Schipol Belanda akibat ratusan penerbangan dibatalkan. (foto - SkyNews)

Amsterdam - Akibat badai yang semakin kuat sejumlah maskapai penerbangan di Schipol Belanda membatalkan 252, dari total lebih 1.200 penerbangan dengan pesawat berangkat dan datang ke bandara. Jumlah dari pembatalan penerbangan tersebut diperkirakan akan meningkat.
 
Diperkirakan, badai akan bertambah kuat sepanjang hari dengan kecepatan angin mencapai 120 km per jam dengan kekuatan 75 mph. Schipol merupakan bandara tersibuk ketiga di Eropa dalam jumlah penumpang per tahun, setelah Bandara Heathrow di London dan Charles de Gaulle di Paris.
 
Di Galway, rumah dan tempat bisnis di pesisir barat Irlandia dilaporkan mengalami kerusakan akibat banjir. Pasokan listrik ke 27.000 rumah dan tempat usaha masih terputus, setelah Badai Eleanor membawa hujan lebat dan angin bertiup dengan kecepatan hingga 155 km per jam.
 
Dilansir Radio RTE, Badai Eleanor melanda khususnya Galway, kota keempat terbesar di Irlandia, sementara air pasang tinggi pada Selasa 2 Januari malam memaksa jalan-jalan ditutup dan menimbulkan kepanikan di kalangan pemilik toko.
 
Badan Pemasok Listrik Irlandia (ESB) mengatakan, tahap satu Selasa sebanyak 150.000 rumah dan tempat bisnis tanpa pasokan listrik. Manajer Operasi ESB, Derek Hynes mengatakan, pasokan listrik diharapkan malam ini.
 
Dinas cuaca masih menetapkan level tertinggi kedua untuk bagian barat dan barat laut negara itu. Met Eireann mengatakan, kombinasi air pasang tinggi dan air laut yang tinggi akan menimbulkan kerusakan di wilayah pesisir dan banjir susulan.
 
Tiga orang meninggal pada Oktober ketika Badai Tropis Ophelia menghantam tiap sudut Irlandia dan pepohonan serta tiang-tiang listrik roboh, termasuk gelombang laut setinggi 10 meter. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,