Badai Eleanor Sapu Perancis, Pegunungan Alpen pun Siaga

Badai Eleanor Sapu Perancis, Pegunungan Alpen pun Siaga

Hantaman Badai Eleanor yang menerjang kawasan Eropa. (foto - Reuters)

Paris - Status Pegunungan Alpen Perancis  ditingkatkan ke level siaga atas  ancaman longsor salju.  Hal tersebut dilakukan setelah Badai Eleanor melanda seluruh wilayah Eropa yang telah menewaskan 4 orang.
 
Saat ini, Pegunungan Alpen penuh dengan pemain ski yang menghabiskan waktu libur sekolah. Namun karena hujan salju yang lebat, jalan di Resor Val d'Isere pun ditutup. Sementara operasional lift akses ke area bermain ski di Chamonix juga dihentikan. "Hal itu bertujuan untuk menjaga agar semua orang tetap aman," kata Kepala Ski di wilayah Alpine Savoie, David Ponson,  seperti dilansir AFP.
 
Badai tersebut menyebabkan 4 orang tewas, di antaranya pemain ski berusia 21 tahun yang terkena pohon tumbang di Perancis. Lalu pasangan berusia sekitar 60 tahun yang tersapu ombak besar di Pantai Basque, sebelah utara Spanyol.
 
Selain di Pegunungan Alpen, Badai Eleanor juga membawa dampak buruk di Pulau Corsica, Mediterania, Perancis. Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan dua titik api yang membesar karena tertiup angin dari Badai Eleanor.
 
Tiga orang terluka dalam peristiwa kebakaran tersebut, dan sekitar 300 hewan ternak kambing tewas di Chiatra-Canale, dekat pantai timur pulau Corsica. Bahkan, sedikitnya 10 rumah pun turut terbakar dalam kejadian itu.
 
Eleanor merupakan badai di musim dingin keempat yang melanda Eropa sejak Desember 2017. Badai itu menyapu Eropa sejak Rabu 3 Januari, setelah menerjang Inggris dan Irlandia. Hari ini seorang wanita berusia sekitar 90 tahun meninggal, akibat  banjir bandang di Crets-en-Belledonne di Pegunungan Alpen Perancis. 

Selain itu, tercatat 29 orang mengalami luka-luka, empat orang diantaranya mengalami luka berat. Sebanyak 8 orang terluka saat embusan angin kencang, yang menggulingkan kereta api di Lenk Swiss. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,