Waduk Jatigede Sumedang Beroperasi Mulai Juli 2015

Waduk Jatigede Sumedang Beroperasi Mulai Juli 2015

Waduk Jatigede Sumedang Beroperasi Mulai Juli 2015

Jakarta - Pemerintah pusat bersama Pemprov Jawa Barat memutuskan operasional Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dilaksanakan mulai 1 Juli 2015. Jadi, penggenangan waduk secara resmi dilakukan pada 1 Juli 2015.

Demikian salah satu keputusan Rapat Koordinasi Percepatan Pengoperasian dan Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Pembangunan Waduk Jatigede, yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Jalil di Jakarta, Kamis (20/11/2014) sore.
.
Sofyan Jalil mengatakan, pemerintah pusat dan Pemprov Jabar melakukan berbagai langkah terkait percepatan operasional Waduk Jatigede. Sebab infrastruktur raksasa ini penting dilakukan bagi kesuksesan program ketahanan pangan nasional.

Selain itu, Waduk Jatigede bermanfaat bagi pencegahan banjir di beberapa kabupaten/kota di sekitarnya, selain fungsi besar lainnya. "Waduk Jatigede menjadi proyek besar pertama yang diresmikan Presiden Joko Widodo nantinya," Ujar Sofyan.

Menanggapi hal itu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya bersama pemerintah pusat siap menyelesaikan dampak sosial yang terjadi akibat pembangunan waduk Jatigede. 

"Masyarakat yang harus dipindahkan karena permukimannya berada dalam areal waduk, kita telah menyiapkan dana sosial dan program pendampingan. Kita tidak ingin masyarakat rugi," beber Gubernur.

Hal senada diungkapkan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dirinya mengapresiasi upaya Gubernur Jabar menghindari dampak sosial pembangunan Jatigede. Dia juga menyatakan salut atas langkah penyelamatan situs. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,