32 Orang Hilang, Tanker Iran Tabrakan dengan Kapal Barang

32 Orang Hilang, Tanker Iran Tabrakan dengan Kapal Barang

Kapal tanker Iran bertabrakan dengan kapal barang Hongkong di lepas pantai timur Cina. (foto - @PDChina)

Beijing - Sebuah kapal tanker pengangkut minyak asal Iran bertabrakan dengan kapal barang, di lepas pantai timur Cina. Berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan Cina, akibat insiden itu sedikitnya 32 orang yang merupakan kru kapal dilaporkan hilang.
 
Selain warga Iran, korban hilang juga merupakan warga negara asing. Awak kapal yang hilang terdiri atas 30 warga Iran dan dua warga negara Bangladesh. Ke-32 orang itu merupakan awak kapal tanker Sanchi yang terdaftar di Panama.
 
Dilansir CNN, Minggu (7/1/2018) tabrakan tersebut terjadi sekitar 257 kilometer di sebelah timur muara Sungai Yangtze pada Sabtu 6 Januari sekitar pukul 20.00 malam waktu setempat.
 
Diketahui, Kapal Sanchi tengah mengangkut 136 ribu ton minyak dari Iran ke Korea Selatan (Korsel) sebelum bertabrakan dengan kapal barang Crystal CF, yang telah mengangkut makanan dari Amerika Serikat (AS) ke Kota Guangdong di Cina. 
 
Kapal Crystal CF merupakan kapal barang Hongkong yang mengangkut 21 awak. Semua awak kapal Crystal CF berhasil selamat. "Kecelakaan itu menyebabkan kapal tanker minyak Sanchi terbakar dan miring ke kanan. Para kru terjatuh hingga akhirnya kehilangan kontak," sebut seorang petugas berwenang.
 
Pihak kemerterian mengatakan, kapal tanker itu masih mengapung dan terbakar hingga Minggu sekitar pukul 09.00 pagi. Bahkan, bahan bakar atau minyak yang diangkut kapal telah bocor ke laut.
 
Sementara itu, pihak maritim Cina telah meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan melibatkan delapan kapal. Operasi itu juga mendapat dukungan dan bantuan dari Otoritas Korsel. Pihak Negeri Ginseng diketahui menerjunkan kapal penjaga pantai dan pesawat patroli guna membantu pencarian. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,