Jembatan Terputus, Ribuan Warga Situbondo Terisolir

Jembatan Terputus, Ribuan Warga Situbondo Terisolir

Jembatan Gelindung di Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang Situbondo terputus akibat diterjang bannjir bandang. (foto - ist)

Situbondo Ribuan warga di Kabupaten Situbondo Jawa Timur terisolir serta aktifitas perekonomian nyaris lumpuh, menyusul jembatan antardesa di wilayah itu terputus akibat diterjang banjir bandang, pada Minggu petang.

Murid-murid di sekolah setempat sangat kesulitan untuk bisa sampai ke sekolah mereka. "Jembatan Gelindung di Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang yang terputus akibat diterjang bannjir bandang," kata perangkat Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang, Fadhal di Situbondo, Selasa (9/1/2018).

Padahal, selama ini jembatan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan Desa Kalirejo dengan Desa Sumberargo dan Desa Taman Kursi. Selama ini jembatan sepanjang 30 meter itu sebagai akses vital perekonomian masyarakat.

Saat ini, warga yang beraktivitas harus memutar hingga sejauh enam kilometer melewati Desa Taman Kursi. Jalan alternatif itu medannya agak sulit dilalui pada musim hujan, sehingga masyarakat setempat meminta pemerintah kabupaten segera membangun jembatan darurat agar bisa dilalui kendaraan roda dua atau roda empat.

"Jembatan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Sumberargo yang terputus tersebut dibangun pada 2008, dengan menggunakan bantuan dana PNPM," katanya.

Sementara itu, Camat Sumbermalang Sopan Efendi mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan cuaca di lapangan. Jika hujan kembali turun dan lebat dan air sungai deras, pihaknya akan mengimbau warga untuk mengungsi ke rumah keluarga yang lokasinya lebih aman. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,