195 Titik Semburan Gas Alam Gegerkan Warga Indramayu

195 Titik Semburan Gas Alam Gegerkan Warga Indramayu

Semburan gas alam muncul di 195 titik di dua desa di Indramayu. (foto - BPBD Kabupaten Indramayu)

Indramayu - Warga Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu digegerkan oleh adanya semburan gas alam. Berdasar hasil penelitian, semburan gas alam berada di 195 titik yang tersebar di dua desa, yakni Desa Sukaperna dan Pagedangan.
 
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Edi Kusdiana, dari 195 titik semburan gas alam, 165 titik di Desa Sukaperna dan 30 titik di Desa Pagedangan. Pihak Pertamina dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah meniliti semburan gas alam itu.
 
"Total semburan ada 195 titik. Kemarin Pertamina dan KLHK langsung meninjau lokasi dan saat ini sedang diteliti. Kami hanya bergerak dari penangananya," katanya.
 
Kejadian munculnya ratusan titik semburan gas alam itu, katanya terjadi sejak sekitar akhir Desember lalu. Sebelumnya, pada 2015 semburan gas mulai muncul, namun hanya sekitar 50 titik. "Semburan gas itu merupakan perkembangan pada kejadian 2015 lalu," ungkapnya.
 
Menurut Edi, ratusan semburan gas itu berdampak langsung ke masyarakat sekitar. Pasalnya, dari sekian ratusan titik semburan, ada puluhan titik yang berada di dalam rumah warga.
 
"Kita melakukan penanganan dengan mendirikan posko bersama intansi lainnya, seperti Dinkes. Kalau ada masyarakat yang terkena dampak atau merasakan sakit kita tolong. Dampak tentunya jelas ada, warga ada yang batuk-batuk," tegasnya.
 
Untuk itu, pihaknya bersama Pertamina, KLHK dan dinas terkait menggelar rapat untuk membahas penanganan semburan gas itu. Hasilnya, Pertamina dibantu KLHK akan meniliti. Rencananya semburan gas alam itu akan disalurkan ke pipa milik Pertamina yang ada di wilayah itu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,