Wabah Kolera Terburuk dalam 20 Tahun Landa Ibukota Kongo

Wabah Kolera Terburuk dalam 20 Tahun Landa Ibukota Kongo

Penanganan wabah kolera di Republik Demokratik Kongo. (foto - HealthMap)

Kinshasa - Sejumlah desa yang dilanda konflik dan menyebar dengan cepat ke ibukota Republik Demokratik Kongo, tengah menghadapi wabah kolera. Sejauh ini, wabah kolera memang kerap terjadi di sejumlah negara Afrika Tengah yang luas.
 
"Namun demikian, wabah kolera kali ini adalah yang terburuk dalam lebih dari 20 tahun," kata Didier Bompangue, koordinator pemerintah untuk pemusnahan kolera. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit itu telah menewaskan setidaknya 1.190 orang, dan menyebar ke 24 dari 26 provinsi di Kongo sejak Juli 2017. 
 
Wabah kolera di Kongo sendiri sudah tercatat mencapai 55.000 kasus. Perhatian utama Kongo yakni untuk ibukota Kinshasa, sebuah kota dengan 12 juta penduduk dengan sanitasi yang buruk, serta kurangnya akses terhadap air minum bagi warga. 
 
"Ini yang memfasilitasi penyebaran penyakit yang terbawa air. Di tingkat nasional, situasinya membaik. Jika ada satu tempat yang membuat kita khawatir itu Kinshasa," kata Bompangue.
 
Dilansir Reuters, Kamis (11/1/2018) penyakit itu telah menewaskan 28 orang dan menginfeksi 411 orang di Kinshasa sejak akhir November. Pemerintah telah membuka pusat pengobatan gratis di seluruh kota, namun pasien harus diisolasi dengan cepat. "Angka itu naik cepat di Kinshasa," kata Caroline Holmgren, perwakilan negara untuk badan amal medis Medecins Sans Frontieres (MSF).
 
Disebutkan, sekitar 60 persen fasilitas kesehatan di wilayah Kasai tidak berfungsi, sejak pertempuran terjadi antara pasukan pemerintah dan milisi lokal pada 2016. Menurut WHO, angka fitalitas kasus di wilayah itu, yakni 14,5 persen dibandingkan dengan 2,1 persen secara nasional.
 
"Sebetulnya obatnya tidak mahal. Hanya saja aksesnya memang kurang. Penyakit Kolera bisa dicegah dan bisa disembuhkan. Namun, kami tidak bisa menerima jenis krisis tersebut," kata Direktur IFRC di Afrika Fatoumata Nafo-Traore. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,