Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Dinonaktifkan

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Dinonaktifkan

Bupati Kepulauan Talaud Sulawesi Utara (Sulut), Sri Wahyuni Manalip. (foto - ist)

Manado - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo memberikan sanksi tegas kepada Bupati Kepulauan Talaud Sulawesi Utara (Sulut), Sri Wahyuni Manalip terkait pelesiran ke Amerika Serikat tanpa izin. Sri Wahyuni pun dinonaktifkan dari jabatannya sebagai bupati selama tiga bulan.
 
"Hari ini kami telah mengundang Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni untuk menyerahkan surat Mendagri, tentang pemberhentian dari jabatannya sebagai Bupati Kepulauan Talaud," kata Kepala Biro Pemerintah Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong di Manado, Jumat (12/1/2018).
 
Menurut Jemmy, pemberhentian selama 3 bulan terhitung sejak 5 Januari 2018 hingga 5 April 2018. Sesuai aturan, kekosongan jabatan itu akan diisi oleh wakil bupati, sehingga dalam penyerahan surat itu Wakil Bupati Kepulauan Talaud dan Forkompimda juga diundang hadir.
 
"Sri Wahyuni Manalip meninggalkan tugas bepergian ke Amerika Serikat, pada September 2017 lalu selama 3 minggu tanpa izin Mendagri. Sebelum Mendagri mengeluarkan surat, sanksi itu telah diklarifikasi kepada yang bersangkutan," sebutnya.
 
Keputusan Mendagri nomor 131.71-17 Tahun 2018 itu menerangkan, tentang pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaud. "Ini tidak ada unsur politik tapi sesuai aturan kepala daerah keluar negeri harus seizin pemerintah pusat, yakni Mendagri," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,