Gempa 8,2 SR Hantam Alaska AS Picu Gelombang Tsunami

Gempa 8,2 SR Hantam Alaska AS Picu Gelombang Tsunami

Gempa 8,2 SR mengguncang wilayah sekitar 256 kilometer tenggara Chiniak Alaska AS. (foto - Getty‚ÄĘTsunami.Gov)

Alaska - Gempa bumi hebat berkekuatan 8,2 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah sekitar 256 kilometer tenggara Chiniak Alaska Amerika Serikat (AS). Gempa tersebut memicu timbulnya gelombang tsunami.

Dilaporkan kantor berita Reuters, Selasa (23/1/2018) berdasarkan keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer (km).

Gempa tersebut memicu peringatan gelombang tsunami, khususnya untuk sejumlah wilayah di Alaska dan Kanada. Peringatan waspada gelombang tsunami juga duitujukan untuk seluruh pantai barat yang berada di wilayah Amerika Serikat.

"Berdasarkan semua data yang ada, tsunami mungkin telah terjadi akibat gempa bumi tersebut, yang bisa bersifat destruktif di wilayah-wilayah pantai, bahkan yang jauh dari pusat gempa," demikian peringatan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

"Bagi mereka yang berada di wilayah pantai itu, agar menjauh dan pergi ke daratan atau tempat yang lebih tinggi. Peringatan tsunami berarti bahwa tsunami dengan penggenangan yang signifikan adalah mungkin atau sedang terjadi," demikian keterangan Kantor Manajemen Darurat Anchorage dalam peringatan untuk wilayah Alaska dan British Columbia.

Meski demikian, sejauh ini belum ada laporan jatuhnya korban maupun kerusakan akibat gempa besar tersebut. 

(Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,