Disambar Petir, Markas Baru PS TNI di Bantul Terbakar

Disambar Petir, Markas Baru PS TNI di Bantul Terbakar

Stadion Sultan Agung Bantul yang merupakan Markas baru PS TNI terbakar. (foto - ist)

Bantul - Stadion Sultan Agung Bantul yang merupakan Markas baru PS TNI disambar petir, mengakibatkan ruangan yang berada sisi utara ruang VVIP terbakar. Kobaran api juga membakar peralatan untuk latihan atletik.

Menurut salah seorang petugas perawatan stadion Murdono, petir menyambar panel listrik di sisi utara Tribun Barat stadion sekitar pukul 14.00 WIB. Sambaran petir itu lalu merambat pada tumpukan busa setebal 1 meter yang berada di ruangan penyimpanan. "Busa ada di bawah panel yang tersambar,” kata Murdono, Selasa (23/1/2018).

Setelah terdengar sambaran petir, tiga pegawai yang bertugas mendengar ada suara percikan. Ternyata, api sudah membakar tumpukan busa alat atletik. Petugas berusaha melakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Api sempat padam setelah pemadaman menghabiskan tiga tabung APAR.

"Namun setelah padam, api muncul lagi langsung kami hubungi pemadam,” kata Murdono. Petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan saat itu sempat  kesulitan karena tebalnya asap yang memenuhi ruangan. Petugas harus membuka paksa beberapa pintu agar asap bisa berkurang.

Kapolsek Jetis AKP S Parmin mengatakan, laporan kebakaran itu diterimanya dari petugas jaga stadion. Sesuai prosedur, pihaknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan penyebab kebakaran saat hujan mengguyur wilayah itu. "Keterangan sementara diduga akibat sambaran petir,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait kemungkinan lain penyebab kebakaran. Dipastikan, kerugian yang dialami tidak begitu besar dan akan dikoordinasikan dengan Disdikpora Bantul. 

Menurut Suharsono, ruangan yang terbakar bukan fasilitas vital untuk kompetisi. Namun, ia akan meninjau ulang fasilitas di stadion itu, seperti jaringan listrik dan jaringan penangkal anti petirnya. "Ruangan ini kan tidak dipakai sepakbola, lapangan, tribun penonton, ruang ganti pemain aman semua, jadi tidak masalah," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,