Magelang Diguyur Hujan Es, 21 Rumah dan Gedung TK Rusak

Magelang Diguyur Hujan Es, 21 Rumah dan Gedung TK Rusak

Warga berkerumun penasaran ingin melihat butiran es yang jatuh dari langit. (foto - UPT Damkar Magelang)

Magelang - Sedikitnya 21 rumah, satu tugu dan satu  bangunan sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) rusak akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda Magelang, Rabu (24/1/2018) siang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan kerusakan paling banyak terjadi di Kecamatan Candimulyo. Kerusakan disebabkan karena banyaknya pohon yang tumbang, yang menimpa rumah warga maupun bangunan lainnya.

"Kerusakan yang terjadi antara lain tersebar di Kecamatan Candimulyo menimpa 11 rumah, tujuh rumah dan satu TK di Kecamatan Mertoyudan, tiga rumah satu tugu di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang," kata Edi, Rabu (24/1/2018).
"Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun demikian, kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk waspada karena cuaca ekstrem bisa sewaktu-waktu terjadi," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Heri Prawoto menambahkan, pihaknya turut ambil bagian dalam penanganan musibah itu. "Total ada 18 personel yang kita kerahkan dan terbagi dalam beberapa regu. Mereka mengkondisikan kerusakan di Mantenan Mertoyudan, Mungkid, Candimulyo," sebutnya.

Menurut Heri, hujan deras itu juga memicu terjadinya tanah longsor di Dusun Sembungan Desa Gondang Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Material longsoran sempat menutup akses jalan penghubung antara Desa Gondang dan Desa Treko Kecamatan Mungkid. "Kita lakukan pembersihan dengan cara penyemprotan dibantu warga dengan alat cangkul," katanya.

Seperti diketahui, hujan deras yang melanda wilayah Magelang mengakibatkan banyak pohon dan baliho tumbang di beberapa titik. Hujan juga sempat disertai butiran es dan menimpa wilayah Kecamatan Mertoyudan Candimulyo dan sebagian wilayah Kota Magelang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,