Ulah Debt Collector Picu Bentrokan di Puncak Bogor

Ulah Debt Collector Picu Bentrokan di Puncak Bogor

Pihak kepolisian siaga di sekitar lokasi bentrokan di Jalan Raya Puncak CIsarua Kabupaten Bogor. (foto - ist)

Bogor - Bentrokan dua kelompok massa yang terjadi di depan Polsek Cisarua Jalan Raya Puncak, dipicu oleh sekelompok penagih utang (debt collector) yang ingin mengambil mobil milik warga, karena dianggap menunggak angsuran.
 
Pihak kreditur yang tidak terima berusaha melawan dan menghubungi rekan-rekannya hingga akhirnya berujung bentrokan. "Kejadian awalnya dipicu upaya dari leasing. Awalnya adalah perseteruan antara kreditur kendaraan dengan perusahaan leasing yang mengutus orang," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky Pastika Gading, Kamis (25/1/2018).
 
Menurutnya, pihak leasing ingin mengambil kendaraan (karena menunggak angsuran). Lalu dicoba ditengahi, namun kemudian masing-masing kelompok membawa massa hingga akhirnya bentrok.
 
Dicky menyebutkan, beberapa orang telah diamankan untuk diperiksa lebih lanjut. Sejumlah kendaraan pun turut diamankan untuk dijadikan barang bukti. "Kita sudah ada videonya. Sudah ada beberapa orang yang teridentifikasi. Intinya, siapa pun yang terlibat akan kita tindak tegas," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat tidak melakukan aksi main hakim sendiri, terlebih dalam urusan penarikan barang kredit yang dilakukan debt collector. Sebab, ada aturan tentang tata cara penarikan kendaraan karena menunggak angsuran. 

"Aturannya adalah mengambil barang leasing itu harus sudah terdaftar fidusianya, lalu diambil dengan perintah dari pengadilan yang berkoordinasi dengan kepolisian. Jadi tidak akan ada masalah," tegas Dicky. Jadi, tidak usah repot-repot mengambil barang itu dengan cara pemaksaan yang memicu timbulnya bentrokan antarmassa.

Seperti diketahui, bentrokan dua kelompok massa terjadi di Jalan Raya Puncak Cisarua Kabupaten Bogor. Bentrokan yang terjadi di tengah Jalan Raya Puncak itu mengakibatkan kemacetan parah. Sejauh ini, pihak kepolisian berjaga di lokasi untuk menghindari bentrokan susulan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,